Inilah Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Terbaik Dan Gratis Untuk Pemula

Sabtu 12-08-2023,10:12 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

Aplikasi Desain Grafis -  Desain grafis merupakan salah satu bentuk seni lukis yang memiliki beberapa tujuan, seperti untuk mengatur atau menciptakan elemen rupa. Contohnya foto, ilustrasi, tulisan dan garis di atas sebuah media.

Hal ini ditujukan untuk menciptakan sebuah produksi. Selain itu, akan dikomunikasikan juga sebagai sebuah pesan. Bentuk dari seni desain grafis nantinya akan dibuat oleh graphic designer.

Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain adalah suatu metode perancangan estetika. Metode perancangan ini didasarkan pada kreativitas.

Sedangkan grafis memiliki arti ilmu dari sebuah perancangan titik, maupun garis. Maka hal itu akan membentuk sebuah gambar, yang bisa memberikan informasi serta berhubungan dengan proses percetakan.

Saat ini, desain grafis sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Tidak hanya dari kalangan profesional, tapi pemilik bisnis rumahan hingga pengguna media sosial biasa pun juga membutuhkannya. 

Namun, kebanyakan aplikasi desain grafis kurang praktis karena harus diinstal di PC. Berikut adalah aplikasi desain grafis Android yang bisa kamu gunakan dengan mudah melalui smartphone.

BACA JUGA:

Sebelum masuk ke rekomendasi aplikasi desain grafis, kamu juga harus tahu bila keberadaan konten visual ini sangat berguna dalam dunia bisnis.

Informasi yang tersaji dalam bentuk visual biasanya akan membentuk engagement yang baik, karena masyarakat lebih menyukai gambar dibandingkan tulisan. 

Tidak heran banyak perusahaan yang membuat informasi dengan bentuk visual sebagai bentuk pemasaran dan makin banyak permintaan konten visual, semakin lebar juga lowongan untuk menjadi desain grafis.

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis 

Inkscape

  • Kali ini kita akan bahas aplikasi desain grafis yang gratis. Nama aplikasinya adalah Inkscape. Inkscape adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Aplikasi ini cocok untuk membuat logo, ilustrasi, dan karya seni lainnya yang berbasis vektor.

    Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan juga Linux. Di website resminya, mereka menyediakan berbagai tutorial menggunakan Inkscape.

    Mulai dari basic sampai tips dan triknya juga. Jadi kalau kamu masih pemula dan baru belajar, kamu bisa banget coba aplikasi yang satu ini.

BACA JUGA:

Assembly

  • Bagi kamu pengguna IOS dan suka membuat desain vector, aplikasi Assembly adalah jawabannya, tentunya membuat vektor melalui handphone akan lebih leluasa karena kamu bisa melakukannya di mana saja.

    Assembly juga menyediakan beragam warna dengan saturasi dan kontras yang berbeda. Sehingga, ilustrasi yang kamu buat bisa lebih menarik. Selain, format JPG dan PDF, kamu juga bisa menyimpan karya desain dengan format SVG. 

Canva

  • Hampir semua orang telah mengenal aplikasi pembuatan logo dan postingan melalui aplikasi ini. Kita bahkan dapat membuat desain ciamik seperti buatan profesional dengan mudah di Canva.

    Terdapat ratusan bahkan ribuan template yang tersedia untuk membuat logo, postingan Instagram, postingan Facebook, flyers, sertifikat, bahkan untuk presentasi.

    Aplikasi desain grafis ini bahkan menyediakan fitur edit foto dan video mulai dari atur kecerahan, kontras, saturasi, penggunaan filter, efek, stiker, dan lainnya. Stok vektor, animasi, hingga audio dan musik berlisensinya hingga mencapai 2 juta item, loh!

PicsArt

  • PicsArt merupakan aplikasi desain grafis Android yang bisa kamu unduh langsung melalui Google Playstore. Aplikasi ini sudah populer sejak dulu karena fiturnya yang lengkap.

    PicsArt sudah didownload jutaan kali oleh pengguna Android di seluruh dunia, karena itu aplikasi yang satu ini layak untuk dicoba. Tidak hanya sekedar fitur edit foto yang basic saja, PicsArt juga menyediakan berbagai tools lanjutan yang memungkinkan kamu untuk membuat desain yang lebih kreatif.

    Salah satu fitur unggulan yang ada pada aplikasi ini adalah brush tools yang beragam untuk membuat desain kamu semakin terlihat artistik. Selain itu, ada juga fitur blend, opacity, color, dan berbagai efek menarik lainnya.

Desygner

  • Desygner merupakan aplikasi desain grafis di HP yang cukup ringan dan ramah pemula. Tampilannya sangat user-friendly, sehingga siapapun bisa dengan mudah mempelajari cara menggunakannya.

    Cara kerja aplikasi ini hampir mirip dengan Canva, yakni menyediakan template yang bisa kamu modifikasi sesuai kebutuhan. Template yang ada di Desygner sangat beragam.

    Kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat kupon, iklan, banner, serta postingan media sosial.

    Aplikasi desain grafis Android ini memang diperuntukkan untuk mereka yang mendesain untuk keperluan media sosial. Selain menggunakan template, kamu juga bisa membuat desain dari awal dengan bebas.

Sketchbook

  • Aplikasi Sketchbook ini mirip dengan buku gambar yang umum kita temui. Bedanya, kamu bisa menggambar di kanvas digital dengan jenis kuas, penggaris, hingga alat guratan yang lengkap dan presisi.

    Kamu bisa pakai spidol pensil, airbrush, corengan, dan jenis kuas lainnya. Penggunaan warna di aplikasi ini juga sangat luas dan tidak terbatas. Aplikasi melukis ini cukup populer di kalangan pengguna Android.

    Antarmuka aplikasinya elegan dan profesional. Cocok untuk kamu yang ingin belajar melukis atau membuat desain, tapi juga bisa digunakan oleh kamu yang sudah mahir.

Creative Cloud Express

  • Perusahaan ini membuat software Adobe InDesign, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lain-lain. Namun, aplikasi-aplikasi ini berbayar dan hanya dapat kamu gunakan lewat PC.

    Sekarang ada Creative Cloud Express yang merupakan aplikasi desain grafis Android dari Adobe. Aplikasi ini menyediakan berbagai template yang bisa langsung kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan desain, mulai dari yang kreatif hingga yang tampak profesional.

    Kamu juga bisa memodifikasi desain template tersebut dengan beragam fitur yang lengkap di Creative Cloud Express. 

Adobe Illustrator

  • Masih dari Adobe, aplikasi desain grafis selanjutnya adalah Adobe Illustrator (Ai). Adobe Illustrator adalah aplikasi desain yang fokus untuk desain vektor.

    Banyak karya yang dapat kamu buat dengan Ai, misalnya, mockup layout website, logo, ikon, tipografi, ilustrasi, poster, dan desain vektor lainnya. Karena Ai berbasis vektor, jadi hasil desain kamu tidak akan pecah kalau diperbesar.

    Kalau kamu masih pemula dan baru belajar menggunakan Ai, tenang. Adobe Illustrator menyediakan banyak template yang bisa langsung kamu unduh dan gunakan.

Demikianlah, informasi mengenai aplikasi Desain Grafis yang terbaik dan gratis yang dapat dicoba untuk kamu sebagai pemula. Semoga bermanfaat.***

Kategori :