Ini Perbedaan Teh Hijau Dan Teh Hitam, Yang Suka Ngeteh Wajib Tahu!

Rabu 02-08-2023,20:30 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

Perbedaan Teh Hijau Dan Teh Hitam -  Dua teh populer yang tidak hanya sehat tetapi juga sebagai bahan bakar bagi tubuh adalah teh hijau dan teh hitam. Kedua jenis teh ini dibuat dari daun teratas dari tanaman teh yang sama, Camellia Sinensis.

Meskipun keduanya berasal dari tanaman yang sama, keduanya memiliki perbedaan signifikan. Teh hitam diproses sedemikian rupa melalui fermentasi.

Sementara itu, teh hijau hanya melalui satu kali proses penyaringan. Karena perbedaan dalam pengolahannya, kandungan kedua teh ini pun berbeda. Secangkir teh memang dapat memberi kenyamanan di saat lelah. Saat stres, bingung, atau cemas, teh sering kali menjadi pilihan untuk menyegarkan pikiran. 

Nah, berikut ini adalah perbedaan dari Teh Hijau dan Teh Hitam yang perlu kita tahu,

BACA JUGA:

Teh Hijau

Daun teh hijau tidak difermentasi dan tidak melalui proses oksidasi seperti teh hitam, teh hijau mengandung EGCG (epigallocatechin gallate) yang tinggi, katekin yang paling melimpah, dengan sifat antioksidan kuat yang dapat membantu melawan kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit lainnya.

Teh hijau memiliki seperempat kandungan kafein kopi, sehingga lebih sehat. Karena tidak ada oksidasi dalam pembuatan teh hijau, EGCG tidak diubah menjadi bentuk lain dan dipertahankan. Ini mempromosikan diet serta program penurunan berat badan berbasis olahraga.

Teh hijau sangat bagus untuk istirahat tengah hari dan meditasi malam. Detoksifikasi teh hijau organik murni memberi kulit cerah, metabolisme lebih cepat, dan kekebalan lebih tinggi.

Teh hijau memiliki keunggulan tersendiri. Secangkir teh hijau panas bisa lebih menyegarkan daripada minuman dingin. Ini juga menenangkan tubuh Anda karena mengandung theanine, zat alami dengan efek menenangkan dan menyejukkan bagi peminumnya.

Khasiatnya mulai dari menghambat perkembangan sel kanker, mengurangi penumpukan plak beta-amyloid di otak pada orang dengan Alzheimer, memberi efek nyaman dan rileks bagi tubuh, hingga bertindak sebagai anti mikroba.

Jika sebelumnya teh hitam disebut melalui proses fermentasi dalam pembuatannya, maka berbeda dengan teh hijau. Itu sebabnya, teh hijau punya warna yang jauh lebih terang daripada teh hitam.

Teh hitam

Selama proses fermentasi, EGCG dalam teh hitam diubah menjadi Theaflavin dan Thearubigens. Akibatnya, teh hijau mengungguli teh hitam dalam hal kualitas dan kuantitas katekin. Tapi teh hitam juga sehat karena kaya akan antioksidan.

Ini mengandung sepertiga dari kafein yang ditemukan dalam kopi, serta L-Theanine. Kombinasi kafein dan L-Theanine membantu tetap waspada. Selain itu, the hitam melembapkan tubuh dan meningkatkan aliran darah ke otak sementara juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan antioksidan yang melawan bakteri. Teh hitam meningkatkan konsentrasi dan fokus dan menghilangkan kantuk di pagi hari.

Kategori :