Wajib Tahu, Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Kamis 13-07-2023,13:43 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

Daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid. Daun pepaya juga kaya berbagai vitamin dan antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut membuat manfaat daun pepaya efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dalam daun pepaya meningkatkan kekebalan Anda dan membuat Anda aman dari beberapa infeksi. Ini juga bekerja pada penyembuhan luka, pertumbuhan jaringan tubuh, regenerasi sel yang rusak, dan semacamnya.

5. Mengatasi infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu bagian dari sistem kemih, seperti kandung kemih, ureter, atau uretra. Infeksi saluran kemih ini biasanya disebabkan oleh bakteri, seperti Escherichia coli (E. coli). Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, coba konsumsi air rebusan daun pepaya. Di dalam daun pepaya terdapat kandungan senyawa alami seperti karpain dan enzim papain yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kedua senyawa ini dapat membantu mengatasi infeksi saluran kemih dan mengurangi peradangan pada saluran kemih.

BACA JUGA:4 Manfaat dan Khasiat Dalam Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Menurunkan risiko kanker

Daun pepaya mengandung senyawa antioksidan seperti karotenoid, flavonoid, dan asam klorogenat yang dapat membantu mencegah risiko kanker. Selain itu, vitamin B-17 yang dimiliki daun pepaya digunakan untuk menyembuhkan pasien kanker dalam pengobatan kemoterapi konvensional. Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun pepaya atau dengan meminum air rebusannya untuk mencegah resiko kanker agar tidak terjadi.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan senyawa-senyawa alami pada daun pepaya seperti flavonoid, karotenoid, dan vitamin C, dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan-kandungan tersebut dilaporkan membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, daun pepaya juga mengandung senyawa papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menyerap nutrisi lebih efektif, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kelebihan berat badan atau obesitas.

BACA JUGA:Yuk Intip, 5 Khasiat Daun Sirih, Bisa Mengobati Luka Juga

Demikianlah, informasi mengenai manfaat dari daun pepaya bagi kesehatan yang perlu kita ketahui.***

Kategori :