Mengenal Diabetes, Ibu Dari Berbagai Penyakit

Kamis 06-07-2023,06:32 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika tubuh memiliki masalah dengan produksi atau penggunaan insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berperan penting dalam mengatur kadar gula darah. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif.

Ada tiga jenis diabetes yang umum:

1. Diabetes tipe 1: Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. Akibatnya, produksi insulin menjadi sangat rendah atau tidak ada sama sekali. Orang dengan diabetes tipe 1 memerlukan suntikan insulin sepanjang hidup mereka.

2. Diabetes tipe 2: Diabetes tipe 2 adalah bentuk diabetes yang paling umum. Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak menggunakan insulin dengan efektif atau tidak menghasilkan cukup insulin. Faktor risiko yang berkontribusi pada diabetes tipe 2 meliputi obesitas, gaya hidup yang tidak sehat, riwayat keluarga dengan diabetes, dan faktor genetik.

BACA JUGA:Ketahui! Gejala Penyakit Asma Serta Cara Pengobatannya

3. Diabetes gestasional: Jenis diabetes ini terjadi selama kehamilan dan biasanya membaik setelah melahirkan. Namun, perempuan yang mengalami diabetes gestasional memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2 di masa mendatang.

Penyakit diabetes dapat menimbulkan komplikasi apabila tidak ditangani secara serius. Dalam jangka panjang, akibat dari diabetes yang tidak terkontrol adalah kerusakan pada organ tubuh seperti mata, ginjal, saraf, dan jantung. Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk mengelola kondisi mereka dengan baik melalui perubahan gaya hidup sehat, penggunaan obat-obatan, pengukuran rutin kadar gula darah, dan kunjungan ke dokter secara teratur.

Gejala awal diabetes dapat bervariasi antara setiap individu, tetapi berikut ini beberapa gejala umum yang dapat muncul pada tahap awal penyakit diabetes:

BACA JUGA:Kenali Penyebab Serta Gejala Penyakit Cacar dan Cara Mencegahnya

1. Poliuria
Sering buang air kecil dan produksi urine yang lebih banyak dari biasanya. Ini terjadi karena kadar gula dalam darah yang tinggi menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan glukosa.

2. Polidipsia
Rasa haus yang berlebihan dan kebutuhan untuk minum air secara terus-menerus. Hal ini terjadi karena tubuh mencoba untuk mengatasi kehilangan cairan akibat poliuria.

3. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
Meskipun tidak semua orang dengan diabetes mengalami penurunan berat badan, beberapa orang mungkin kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan efisien, sehingga mulai memecah lemak dan protein sebagai sumber energi.

BACA JUGA:Makan Lidah Buaya, Penyakit Maag Bisa Sembuh

4. Kelelahan
Merasa lelah secara berlebihan dan kurang bertenaga dapat menjadi gejala awal diabetes. Penyebabnya adalah ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan glukosa sebagai sumber energi yang efisien.

5. Polifagi
Nafsu makan yang meningkat dan merasa sangat lapar sepanjang waktu. Karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan baik, sel-sel tubuh menjadi kelaparan dan mengirimkan sinyal untuk makan lebih banyak.

Kategori :