Debitur Pusing Galbay Pinjol, Ini Dia Solusi Yang Harus Dilakukan!

Sabtu 24-06-2023,20:12 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Anda termasuk orang yang galbay (gagal bayar) pinjol? Sekarang ini, terjerat pinjol merupakan kondisi yang kerap ditemui di masyarakat. Pastinya, ada penyebab mengapa banyak yang mengalami situasi galbay pinjol.

Anda yang galbay pinjol bisa di pastikan hidupnya tak akan tenang karena diteror debt collector. Kalau sudah begini, kemana pun kalian pasti akan dikejar-kejar, baik itu di rumah, kost, bahkan
tempat kerja.

Apakah sebenarnya galbay pinjol itu? Apa solusi bagi yang sudah terlanjur berada di situasi itu? Yuk
simak pembahasannya!

Mengenal Istilah Galbay Pinjol

Galbay pinjol merupakan istilah dari gagal bayar pinjaman online, kalau Anda tidak dapat melunasi sejumlah uang yang dipinjam, kondisi tersebut yang dinamakan dengan galbay pinjol.

BACA JUGA:Benarkah Tak Dapat Bayar Pinjol, Bakal Masuk Jeruji Besi? Simak Penjelasannya

Apabila sudah terjerat, ada sejumlah risiko yang harus ditanggung oleh kalian. Selain dikejar-kejar debt collector, kalian akan dicap sebagai debitur yang buruk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Juga otomatis score milik kalian menjadi rendah.

Tentunya hal tersebut tidak bisa dianggap sepele jika Anda sudah dicap buruk, kemungkinan akan dipersulit jika ingin mengajukan pinjaman dana lagi. Tak hanya itu, bahkan cicilan properti seperti rumah atau apartemen jadi tak mudah untuk disetujui.

Tapi lebih parahnya lagi, bunga akan semakin menumpuk jika kalian terus menunda untuk membayar tagihan. Pastinya besaran utang akan semakin membengkak sehingga membuat Anda kewalahan untuk mencari solusi bagaimana cara melunasinya.

BACA JUGA:Buruan Download! 10 Daftar Aplikasi Pinjol Terdaftar Serta Berizin Resmi OJK

Solusi Galbay Pinjol

Pastinya kalian tak ingin mengalami situasi tidak mengenakkan seperti itu, yuk simak solusi galbay pinjol di bawah ini.

1. Restrukturisasi Pinjaman ke Pihak Pinjol

Mengajukan restrukturisasi pinjaman,pihak peminjam dapat memberikan keringanan kepada Anda untuk membayar jumlah hutang pokok beserta bunganya. Restrukturisasi merupakan cara yang pertama untuk mengatasi galbay pinjol atau kesulitan membayar pinjaman.

Di bawah ini adalah bentuk keringanan yang diberikan pihak perusahaan pinjol:

  • Mengurangi tunggakan pokok hutang
  • Menambah jangka waktu pinjaman
  • Mengubah pinjaman menjadi modal sementara
  • Menambahkan fasilitas pinjaman
Kategori :