Kenali Manfaat, Tips dan Jenis Food Prep yang Wajib Kamu Tahu, Siap Jadi Master Dapur?

Kenali Manfaat, Tips dan Jenis Food Prep yang Wajib Kamu Tahu, Siap Jadi Master Dapur?

Ilustrasi food prep atau food preparation --iStockphoto/Lithiumcloud

Jika kamu lebih suka makanan yang fresh setiap hari, kamu bisa melakukan persiapan bahan-bahan mentah. Misalnya, memotong sayuran, mencuci beras, atau merendam kacang-kacangan. 

Dengan begitu, saat akan memasak, kamu hanya tinggal mencampur bahan yang sudah siap, sehingga waktu masak menjadi lebih singkat.

4. Make-Ahead Meals 

Ini adalah jenis food prep di mana kamu menyiapkan makanan yang siap untuk dimasak atau dipanaskan pada saat akan dikonsumsi. 

Contoh dari make-ahead meals adalah menyiapkan lasagna yang sudah dirangkai tapi belum dipanggang, sehingga saat ingin makan, kamu hanya tinggal memanggangnya di oven.

Tips Sukses Melakukan Food Prep

1. Rencanakan Menu 

Sebelum memulai food prep, rencanakan dulu menu yang ingin kamu masak untuk seminggu ke depan. Pastikan menu tersebut bervariasi dan mencakup semua kelompok nutrisi, seperti protein, karbohidrat, sayuran, dan lemak sehat.

2. Gunakan Wadah yang Tepat 

Investasikan pada wadah makanan yang berkualitas. Wadah yang kedap udara dan tahan lama akan menjaga makanan tetap segar lebih lama. Pilih wadah dengan ukuran yang sesuai untuk memudahkan penyimpanan di lemari es atau freezer.

BACA JUGA:

3. Perhatikan Kualitas Bahan 

Pastikan bahan makanan yang kamu gunakan segar dan berkualitas. Bahan yang segar tidak hanya akan memberikan rasa yang lebih enak, tetapi juga memastikan kandungan nutrisinya tetap terjaga. 

Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa, terutama jika menyimpan makanan di freezer.

4. Mulai dengan Jumlah Kecil 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: