Hati-hati! Parkir Sembarangan Bikin Baterai Cepet Soak, Pemilik Mobil Listrik Wajib Tahu

Hati-hati! Parkir Sembarangan Bikin Baterai Cepet Soak, Pemilik Mobil Listrik Wajib Tahu

Cara jaga keawetan baterai mobil listrik--

Selain dilarang memarkirkan mobil listrik dibawah terik matahari, ternyata memarkirkan mobil listrik di tempat yang lembab juga bisa bikin baterai mobil cepet soak loh. Hal ini dikarenakan Lingkungan yang lembap dapat menyebabkan korosi pada terminal baterai. Korosi ini akan menghambat aliran listrik dan membuat baterai cepat habis.

3. Membiarkan perangkat elektronik menyala dalam kondisi mobil mati

Kebiasaan yang mungkin sering terjadi pada pemilik kendaraan mobil listrik saat meninggalkan mobil tanpa disadari. Meskipun mesin mobil sudah mati, beberapa perangkat elektronik seperti lampu kabin, radio, atau GPS masih menyala. Kondisi ini akan terus menguras daya baterai dan membuatnya cepat soak.

BACA JUGA:Aki Mobil Listrik Soak Gara-gara Pintu Terlalu Lama Terbuka? Ini Penjelasannya!

BACA JUGA:Catat! Ini Perbedaan Tarif Charger Mobil Listrik SPKLU dengan Dirumah, Mana yang Lebih Murah?

4. Memarkir kendaraan di tempat yang tidak rata

Jika mobil diparkir di tempat yang tidak rata, posisi baterai bisa berubah. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen internal baterai dan mengurangi kapasitasnya.

5. Mobil jarang digunakan

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa mobil listrik yang jarang digunakan justru membuat baterai lebih cepet soak dan bukan menjadi awet? Ternyata mobil listrik yang jarang digunakan akan membuat baterai dalam kondisi tidak aktif dalam waktu yang lama. Kondisi ini bisa menyebabkan sulfatasi pada pelat baterai, yang akan mengurangi kinerja baterai secara signifikan.

Kebiasaan parkir yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai mobil. Dengan menghindari kebiasaan buruk Anda bisa memperpanjang umur baterai mobil dan menghindari biaya penggantian yang tidak terduga.

Ingat, perawatan yang baik akan membuat mobil Anda tetap prima dan siap digunakan kapan saja. Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: