Peringatan 12 Oktober: Hari Museum Nasional, Berikut Sejarah dan Cara Merayakannya

Peringatan 12 Oktober: Hari Museum Nasional, Berikut Sejarah dan Cara Merayakannya

Musuem Sejarah Jakarta - Fatahillah --Musuem

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - 12 Oktober menjadi salah satu hari penting di Indonesia, karena memperingati Hari Museum Nasional yang dirayakan setiap tahunnya.

Musuem menjadi salah satu sarana dan prasarana yang sangat penting, terlebih dalam upaya pemerintah dalam melestarikan kebudayaan.

Sesuai dengan maksud dan tujuan peringatan hari ini, yuk Kembali mengingat sejarah dari Hari Musuem Nasional dan cara untuk merayakannya agar bisa lebih meriah. Simak dalam artikel ini ya.

Sejarah Hari Museum Nasional

Seperti yang disebutkan, bahwa 12 Oktober diperingati sebagai Hari Musuem Nasional. Penetapan tanggal ini juga diketahui dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Penetapan tanggal 12 Oktober juga hasil musyawarah Musuem se-Indonesia (MMI) yang digelar pertama kali di Yogyakarta pada 12 sampai 14 Oktober 1962.

Dalam musyawarah tersebut dihadiri oleh 40 orang, yang terdiri dari unsur pimpinan, tokoh museum, pemerhati dan pecinta museum. 

Salah satu tokoh penting yang terlibat dalam musyawarah ini adalah Drs. Moh. Amir Sutaarga yang kemudian dikenal sebagai Bapak Permuseuman Indonesia.

Kemudian, di bulan April 2015 diselenggarakan kegiatan diskusi di Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. 

Diskusi tersebut membahas tentang tanggal penetapan untuk Hari Museum Nasional.

Diskusi tersebut dilanjutkan dengan pertemuan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pada tanggal 26-28 Mei 2015 di Kota Malang, Jawa Timur. 

Pada musyawarah inilah diusulkan tanggal peringatan Hari Museum Nasional. Pertemuan ini dihadiri oleh 250 pengelola Museum di Indonesia. 

Para peserta yang hadir mengusulkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional berdasarkan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pertama di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 1962.

Sehingga setiap tanggal 12 Oktober memperingati Hari Musuem Nasional atau Hari Museum Indonesia. Dan menjadi hari yang penting dalam permuseuman di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: