dr Zaidul Akbar Tak Rekomendasikan Sarapan Pagi: Pastikan Pembersihan Tubuh Secara Maksimal

dr Zaidul Akbar Tak Rekomendasikan Sarapan Pagi: Pastikan Pembersihan Tubuh Secara Maksimal

dr Zaidul Akbar.--Instagram.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sarapan pagi sering dianggap sebagai waktu makan yang penting untuk memberikan energi yang dibutuhkan tubuh sepanjang hari.

Namun, praktisi herbal medis dr. Zaidul Akbar menyarankan hal yang berbeda. Menurutnya, tidak sarapan di pagi hari justru bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik bagi tubuh.

Dikutip dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Sabtu (12/10/2024), dr. Zaidul menjelaskan alasannya tidak merekomendasikan sarapan pagi.

Menurutnya, di pagi hari tubuh kita mengalami peningkatan kadar hormon pertumbuhan, yang berperan dalam pembersihan tubuh dan proses autofagi.

"Kalau saya lebih baik enggak usah makan (sarapan)," ujarnya.

Manfaat Tidak Sarapan: Proses Autofagi

Hormon pertumbuhan yang tinggi di pagi hari berfungsi membersihkan sel-sel tubuh dan membantu proses autofagi, sebuah mekanisme pembersihan diri yang terjadi saat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam jangka waktu tertentu.

BACA JUGA:

Autofagi memungkinkan tubuh untuk membersihkan sel-sel yang rusak dan memperbaiki jaringan, sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dr. Zaidul percaya bahwa tidak sarapan akan membantu tubuh mencapai proses autofagi yang optimal, yang berdampak positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Aturan Sarapan yang Sehat

Bagi yang tetap ingin sarapan, dr. Zaidul memberikan beberapa saran penting. Salah satunya adalah menghindari makanan yang tinggi karbohidrat seperti olahan tepung terigu, misalnya roti. Jika ingin mengonsumsi roti, dia menyarankan memilih roti yang kaya serat.

Lebih lanjut, ia merekomendasikan sarapan yang lebih banyak mengandung protein dan sayuran. Makanan ini akan memberikan rasa kenyang lebih lama, menjaga energi tetap stabil, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

"Yang saya pahami dan pelajari, kalau pagi tetap ingin makan, maka makanlah protein dan sayur. Protein diperbanyak, nanti dia bertahan cukup lama," ungkap dr. Zaidul.

Tips Menahan Keinginan Makan: Minum Kopi Hitam

Bagi yang memilih untuk tidak sarapan, dr. Zaidul juga memberikan tips agar dapat menahan rasa lapar, yaitu dengan meminum kopi hitam. Namun, ia menekankan pentingnya memilih kopi asli tanpa tambahan gula atau krimer.

"Kopi asli itu dari bijinya anda giling dan dapat bubuknya, itu diseduh jadikan kopi tanpa gula," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: