Kembali Bikin Heboh! Malaysia Pasang Baliho Bertuliskan 'Jangan Salah Pilih Batik', Bikin Warganet Meradang

Kembali Bikin Heboh! Malaysia Pasang Baliho Bertuliskan 'Jangan Salah Pilih Batik', Bikin Warganet Meradang

Malaysia pasang baliho dengan tulisan 'Ini Batik Malaysia'.--instagram.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Malaysia kembali membuat gempar dengan tulisan baliho yang terpasang di negara tersebut. Seolah tiada hentinya, perang klaim budaya antara Indonesia dan Malaysia kembali mencuat.

Kali ini kembali soal batik yang ramai diperbincangkan di media sosial hingga menuai kemarahan dari warganet Indonesia. "Ini batik Malaysia, jangan salah pilih batik," tulisan yang tertera pada baliho, diunggah oleh akun Intagram @mygigsmedia pada Selasa, 1 Oktober 2024. 

Gambar di baliho sendiri memperlihatkan sebuah manekin yang dipakaikan kain batik. Tulisan pada baliho juga menyertakan situs My Craft Shoppe.

Namun, klaim yang menyebutkan bahwa batik merupakan bagian dari budaya Malaysia telah menimbulkan kekhawatiran dan reaksi yang kuat dari warga Indonesia. 

BACA JUGA:

Klaim bahwa batik merupakan bagian dari budaya Malaysia bukanlah isu baru. Ini memicu kemarahan di kalangan banyak orang Indonesia yang merasa bahwa batik, sebagai warisan budaya yang asli dari Indonesia, harus dilindungi dan dihormati.

Diketahui, batik dari Indonesia telah diakui oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan (Intangible Cultural Heritage of Humanity). Pengakuan ini semakin memperkuat posisi batik sebagai salah satu simbol identitas budaya Indonesia. 

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, secara konsisten menegaskan bahwa batik adalah warisan budaya milik Indonesia. 

Selain itu, berbagai inisiatif telah dilakukan untuk memperkenalkan dan melestarikan batik, baik dalam negeri maupun di luar negeri, melalui serangkaian pameran, lokakarya, dan festival batik yang melibatkan seniman serta desainer batik dari berbagai daerah di Indonesia. 

BACA JUGA:

Sontak unggahan itu membuat sejumlah netizen Indonesia ramai memberikan beragam komentarnya. 

"Lawak bgt negara Malaysia" kata netizen. 

"Nanggung amat claimnya, sekalian tuh utang negara diclaim," sahut netizen lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: