Resmi! Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI, Menpora: 100 Persen Miliki Darah Indonesia

Resmi! Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI, Menpora: 100 Persen Miliki Darah Indonesia

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders --Instagram

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Permohonan naturalisasi dua pesepak bola keturunan Belanda, Mees Victor Joseph Hilgers dan ElianoJohannes Reijnders Lekatompessy, telah disetujui Komisi III DPR RI.

Keputusan usulan pemberian kewarganegaraan Indonesia itu diambil dalam rapat yang berlangsung pada Selasa.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo menjelaskan perihal "Darah Indonesia" dari dua pesepak bola yang tengah menjalani proses naturalisasi, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

"Pemain-pemain yang kami proses 100 persen memiliki darah Indonesia. Ini agar peringkat Indonesia di FIFA bisa tembus 100," 

Dalam acara tersebut, hadir pula perwakilan PSSI, yakni Sekretaris Jenderal Yunus Nusi dan Anggota Komite Eksekutif (Exco) Vivin Cahyani. Selain itu, turut hadir pula Eliano Reijnders melalui sambungan virtual.

Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian memimpin Rapat Kerja tersebut. Komisi X merekomendasikan agar proses naturalisasi bagi Mees Hilgers dan Eliano dilanjutkan.

BACA JUGA:

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Saudara Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan apresiasi kepada Komisi X yang telah mengesahkan dan menyetujui permohonan alih kewarganegaraan bagi Mees dan Eliano.

"Terima kasih atas dukungan dan persetujuan dari Komisi X DPR RI dalam proses permohonan kewarganegaraan," 

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyampaikan rasa terima kasih atas pengesahan proses naturalisasi bagi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang telah dikabulkan oleh Komisi III dan Komisi X.

"Mewakili Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Komisi X dan Komisi III DPR RI yang telah memberikan rekomendasi proses naturalisasi kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tentunya dukungan untuk kemajuan sepak bola Indonesia," 

Setelah itu, proses naturalisasi dilanjutkan ke Rapat Paripurna DPR dan dilanjutkan dengan Keputusan Presiden (Keppres). Tahap penutup adalah pengambilan sumpah kewarganegaraan yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Setelah menjadi warga negara Indonesia (WNI), kedua pemain tersebut selanjutnya pindah federasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: