Gempa Garut dan Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak, Tak Ada Korban Jiwa

Gempa Garut dan Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak, Tak Ada Korban Jiwa

Bangunan yang rusak akibat gempa Garut--BNPB

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 5.0 mengguncang Garut dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Gempa yang terjadi pada pukul 09.41 WIB tersebut mengakibatkan sejumlah bangunan rusak.

Bahkan sarana kesehatan hingga kantor polisi ikut terdampak gempa.

Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, gempa bumi yang mengguncang Garut dan Kabupaten Bandung merusak dua fasilitas kesehatan di Desa Cihawuk dan Cibeureum, Polsek Kertasari dan bangunan KUA di Desa Cibeureum.

BACA JUGA:

Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat mengatakan hingga kini pihaknya masih mendata serta koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk warga serta bangunan lainnya yang terdampak. 

"BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung. Dan BPBD Kabupaten Bandung melakukan asesmen," ungkapnya.

Sementara itu dalam keterangannya Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut hingga kini belum ada laporan tentang korban jiwa akibat gempa.

"Perkembangan data dan informasi akan dilaporkan secara berkala pada waktu berikutnya," ujarnya.

Pusat Gempa Garut

Melansir dari akun resmi X BMKG @infoBMKG pada hari Rabu 18 September 2024 terjadi pada pagi hari pukul 09.41 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Dari keterangannya, pusat gempa berada pada koordinat 7,22 Lintang Selatan (LS) dan 107,70 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berjarak 21 kilometer arah Barat Daya dari Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 kilometer.

"#Gempa Mag:5.0, 18-Sep-2024 09:41:07WIB, Lok:7.22LS, 107.70BT (21 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR)," tulis BMKG di akun resmi X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: