Kontroversi Akun Kaskus Fufufafa, Benarkah Gibran?

Kontroversi Akun Kaskus Fufufafa, Benarkah Gibran?

Fufufafa fenomena politik viral via digital--

Pakar telematika, Roy Suryo, membongkar dugaan bahwa akun Kaskus bernama Fufufafa adalah milik Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Roy mengungkapkan metode yang ia gunakan, yaitu pendekatan teknik psikologi dan pola kebiasaan, untuk menelusuri jejak akun tersebut.

Dalam siniar bersama Bambang Widjojanto, Roy menjelaskan bahwa ia memetakan kebiasaan dan waktu aktivitas akun Fufufafa. Dari hasil pemetaan tersebut, Roy menemukan pola yang mengarahkan pada dugaan kuat bahwa akun itu sering mengunjungi situs-situs dewasa.

"Orang punya kebiasaan yang sulit diubah, termasuk time frame yang bisa diselidiki. Dari situ saya mulai melakukan identifikasi," jelas Roy pada Jumat, 13 September 2024.

 

Roy Suryo juga menemukan bahwa akun Fufufafa memiliki keterkaitan dengan akun X yang diduga milik Gibran, @rkgbrn. Bukti tersebut diperkuat oleh interaksi dari akun @kaesangp, milik adik Gibran, Kaesang Pangarep, yang pernah mengucapkan selamat ulang tahun kepada akun @rkgbrn serta ibunya.

"Kita melihat ada hubungan antara akun Fufufafa dan @rkgbrn. Bahkan, Kaesang Pangarep pernah mengonfirmasi pemilik akun @rkgbrn tak bisa login karena lupa sandi," ungkap Roy.

 

Petunjuk lain yang menurut Roy memperkuat dugaan ini adalah ketika akun Fufufafa bertanya tentang lokasi pembelian gunting steak di Pantai Indah Kapuk (PIK). Beberapa jam setelah itu, akun @Chili_Pari, yang merupakan katering milik Gibran, menanyakan hal yang sama.

"Ada persamaan yang menarik di sini, baik dari sisi waktu maupun cara penulisan. Gaya bahasa antara akun Fufufafa dan @Chili_Pari sangat mirip, termasuk penggunaan tanda baca," tegas Roy.

Roy juga menyoroti tanggapan akun Fufufafa terkait isu kebangkrutan perusahaan milik Presiden Joko Widodo pada 2014. Menurut Roy, akun Fufufafa memberikan jawaban yang sangat detail terkait isu tersebut, yang tidak mungkin dikelola oleh admin biasa.

"Jawaban yang diberikan sangat mendetail, sampai melibatkan keluarga dekat. Jika akun itu dikelola oleh admin, mustahil bisa memberikan jawaban seakurat itu," pungkasnya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: