Resmi! Mauricio Pochettino Jadi Pelatih Baru Timnas Amerika Serikat

Resmi! Mauricio Pochettino Jadi Pelatih Baru Timnas Amerika Serikat

Mauricio Pochettino resmi jadi pelatih timnas Amerika Serikat --Instagram:@pochettino

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mauricio Pochettino resmi jadi pelatih timnas Amerika Serikat yang baru.

Sebelumnya pelatih timnas Amerika Serikat adalah Gregg Berhalter yang telah dipecat usai gagal meraih kemenangan saat laga kandang di pertandingan Copa America.

Timnas Amerika Serikat menelan kekalaham laga kandang lawan timnas Panama dan tersingkir di babak penyisihan grup.

Mauricio Pochettino sebelumnya telah memimpin Chelsea dan finish di peringkat keenam Liga Ingris.

Pochettino juga pernah menjadi pelatih Tottehnham Hotspur selama lima tahun dan sukses membawa The Lilywhite ke final Liga Champions musim 2018-2019.

Mantan pelatih Chelsea tersebut akan memulai debut pertamanya jadi pelatih timnas Amerika Serikat dalam laga persahabatan lawan timnas Panama pada 12 September 2024 besok di Stadium, Austin.

BACA JUGA:

Pochettino, 52, menandatangani kontrak berdurasi dua tahun yang akan membawanya melewati Piala Dunia 2026, yang diselenggarakan oleh AS bersama Kanada dan Meksiko.

“Mauricio adalah pemenang serial dengan hasrat mendalam terhadap pengembangan pemain dan kemampuan yang terbukti membangun tim yang kohesif dan kompetitif,” kata direktur olahraga USSF Matt Crocker dalam sebuah pernyataan dari ESPN.

“Rekam jejaknya sudah membuktikannya, dan saya yakin dia adalah pilihan yang tepat untuk memanfaatkan potensi besar dalam skuat berbakat kami. Kami sangat senang memiliki Mauricio dalam tim saat kami memulai perjalanan menarik untuk mencapai kesuksesan di panggung global" tambahnya.

ESPN juga melaporkan bulan lalu bahwa mantan pemain internasional Argentina itu setuju untuk mengambil pekerjaan itu setelah berdiskusi panjang lebar dengan Crocker.

Crocker, yang sebelumnya bekerja dengan Pochettino di tim Liga Premier Southampton, dituduh merekrut pelatih kelas dunia untuk memastikan USMNT memasuki Piala Dunia 2026 sebagai negara yang kompetitif, mampu mencapai tahap akhir kompetisi.

Meski Pochettino belum pernah melatih tim nasional, ia rutin meraih kesuksesan besar di level klub Eropa.

Selama kariernya yang cemerlang, pria berusia 52 tahun itu membawa Southampton finis 10 besar Liga Premier pada tahun 2013, membawa Tottenham Hotspur ke final Liga Champions pada tahun 2019 dan membantu Paris Saint-Germain mengamankan gelar Ligue 1 pada tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: