Orang yang Sering Bahagia Selalu Terlihat Sehat? Ini Penjelasannya

Orang yang Sering Bahagia Selalu Terlihat Sehat? Ini Penjelasannya

Tampil bahagia bisa memberi pengaruh bagi pelakunya--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang bahagia. Sebagaimana Filsuf Yunani Aristoteles dikutip dari Healthline yang menyatakan bahwa makna dan tujuan hidup yaitu kebahagiaan. 

Perasaan bahagia meliputi emosi positif seperti kepuasan, keceriaan, dan kegembiraan. Selain membuat suasana hati lebih baik, merasa bahagia bisa mendapatkan segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. 

Dikutip dari College of Social & Behavioral Science, profesor Psikologi Ed Diener dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya keterikatan antara rasa kebahagiaan dan kesehatan. Dengan tubuh yang sehat nantinya akan membantu kita makan lebih sehat, lebih aktif, dan tidur nyenyak. 

Pernyataan dari psikiater Dr. Francoise Adan yang dikutip dari American Heart Association menyatakan dengan rasa bahagia mengarah pada perilaku yang lebih sehat. Hal tersebut dapat mencegah tekanan darah tinggi serta kelebihan lemak sehingga bisa menurunkan risiko penyakit stroke dan jantung. 

BACA JUGA:Kabar Gembira! Maroon 5 Akan Gelar Konser di Indonesia pada Februari 2025, Cek Link Tiket Dibawah Ini

Biasanya, orang yang senantiasa bahagia memiliki tubuh yang sehat dan hidup lebih lama dibandingkan orang yang kurang merasa bahagia dengan hidupnya. Makanya, sering kali ditemukan orang bahagia mempunyai wajah lebih awet muda. 

Nggak hanya bikin tubuh makin sehat saja, hidup yang bahagia juga dapat mengurangi stres, kawan. Umumnya yang terjadi, stres yang berlebih menyebabkan hormon kortisol yang meningkat yang bisa memicu gangguan tidur, obesitas, dan hipertensi. 

BACA JUGA:Kenapa Menguap Bisa Menular ke Orang Lain? Ternyata Ini Jawabannya..!

Tips agar Hidup Bahagia

Setelah kamu mengetahui alasan kenapa bahagia bisa membuat kamu lebih sehat, ikuti tips sederhana yang dikutip dari Healthline biar hidupmu lebih bahagia, yuk!

  • Pertama, ungkapkan rasa syukur. Kamu bisa menuliskan tiga hal yang paling kamu syukuri di penghujung hari. Dengan begitu, hidupmu akan jauh lebih bahagia.
  • Selanjutnya, mengonsumsi makanan yang sehat. Semakin banyak sayur dan buah buahan yang kamu konsumsi akan berpengaruh terhadap rasa bahagia.
  • Ketiga, melakukan kegiatan di luar rumah. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di taman atau berlari. Nggak perlu berlama-lama, kok, cukup dengan 5 menit untuk olahraga saja bisa bikin mood kamu lebih baik.

Manfaat Bahagia Bagi Kesehatan

Manfaat bahagia bagi kesehatan ternyata cukup banyak, dan memang memiliki dampak yang cukup berpengaruh pada kondisi tubuh dan pikiran.

BACA JUGA:Teguh Suwandi Terbaru Viral 52 Menit Collab di Hotel dengan Msbreewc, Download MP4 Full Durasi

BACA JUGA:Viral Bojonegoro: Perbuatan Tak Senonoh Seorang Pria Kepada Wanita di Masjid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: