Ini 5 Tanda Sikap Orang yang Punya Kepribadian Narsis

Ini 5 Tanda Sikap Orang yang Punya Kepribadian Narsis

Tanda-tanda orang narsis--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Ada banyak kepribadian manusia, salah satunya narsistik. Orang yang narsistik punya rasa superior berlebihan dan membutuhkan pengakuan serta kekaguman dari orang lain.

Umumnya, orang narsistik terobsesi pada kesuksesan, penampilan, kekuasaan, serta mudah iri dengan orang lain. Individu dengan kepribadian ini juga cenderung manipulatif dan eksploitatif. Orang narsistik bisa memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka mau, bahkan sering kali tidak punya empati terhadap orang lain.

Supaya tidak terjebak dalam pertemanan akrab bersama orang narsistik, kenali ciri kepribadian narsistik menurut psikolog. dilansir dari Health Line dan Psychology Today.

BACA JUGA:Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Eksim dan Alergi Kulit yang Perlu Diketahui!

1. Sulit Mendengarkan Orang lain

Ciri narsistik pertama adalah sulit mendengarkan orang lain. Individu yang punya sifat narsistik cenderung terobsesi dengan dirinya sendiri, sehingga kepedulian terhadap sesama menjadi menurun.

Mereka mungkin merasa hanya pengalaman dan opini mereka yang penting. Hal ini membuat mereka kesulitan memberikan perhatian yang layak pada orang lain.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Azizah Salsha Ungkap Rachel Vennya Tidak Diperiksa Atas Dugaan Fitnah dan Video Syur

Selain itu, individu narsistik punya rasa superioritas berlebihan. Ini membuatnya memiliki ketidakmampuan mendengarkan orang lain yang menunjukkan kurangnya empati dan kegagalan memahami perspektif orang lain. 

2. Ingin jadi pusat perhatian 

Seorang narsistik sangat ingin menjadi pusat perhatian karena alasan beragam. Mulai dari kebutuhan akan validasi hingga keinginan untuk memperoleh pengakuan sosial.

Saat seseorang menjadi pusat perhatian, ini menunjukkan bahwa mereka sangat dihargai dan diperhatikan orang lain. Kepercayaan diri seorang narsistik sangat bergantung pada orang lain.

Ketika seorang narsistik menerima perhatian dari orang lain, ini menjadi tanda pengakuan atas kemampuan maupun prestasi mereka. Hal ini bisa memperkuat identitas sekaligus memberi rasa kepuasan yang mendalam.

BACA JUGA:7 Makanan Sehat untuk Penderita Alergi: Pilihan Aman dan Bergizi untuk Penuhi Nutrisi Harian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: