Jangan Pernah Katakan Anak Nakal! Sepele Tapi Dampak Negatifnya Banyak

Jangan Pernah Katakan Anak Nakal! Sepele Tapi Dampak Negatifnya Banyak

Risiko jika menyebut anak nakal sangatlah tinggi karena berpengaruh terhadap kesehatan mentalnya--

2. Anak merasa rendah diri

Akibat dari memberi anak dengan sebutan 'nakal', akan membuat anak menjadi merasa minder dan juga rendah diri. Seringkali perlakuan dari orangtua tanpa sadar malah memberikan dampak yang buruk bagi anak. Anak akan menjadi rendah diri dan mencoba membanding-bandingkan kemampuannya dengan anak lainnya yang memiliki prestasi atau kepribadian yang lebih baik. Walaupun orangtua berniat untuk memberikan motivasi pada anak, tanpa sadar malah akan membuat anak  menjadi terbebani.Dalam kesehariannya ia akan memikirkan tentang ucapan orangtuanya. Melakukan renungan untuk memperbaiki kesahalan tentu merupakan tindakan yang baik. Karena anak dapat mengevaluasi dirinya dan menjadi lebih baik lagi.Namun, apabila dilakukan secara berlebihan bahkan terhadap suatu kesalahan yang bukan ia lakukan tentunya akan berdampak buruk pada perkembangan anak.

BACA JUGA:Menanam Bibit Terbaik: Panduan Lengkap Mendidik Anak Menjadi Generasi Tangguh

BACA JUGA:Penting Dipahami Orang Tua! Himbauan Cara Mendidik Anak Agar Ikatannya dengan Keluarga Tak Renggang

3. Anak akan menjadi lebih agresif

Sama halnya dengan anak yang menganggap dirinya bodoh. 

Hal ini biasanya juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan lainnya. Anak yang diberi dengan sebutan nakal biasanya akan memiliki sifat yang lebih agresif.

Hal ini karena adanya rasa tuduhan atau penolakan dari label yang ia dapatkan di rumah maupun di lingkungannya. 

Anak pun akan menjadi agresif ataupun tidak mau mengalah ketika berada di dalam maupun di luar rumah.

 

4. Munculnya sugesti bahwa dirinya buruk

Setelah adanya ucapan ataupun sebutan negatif yang diberikan oleh orangtua maupun lingkungan sekitarnya, secara tidak langsung ucapan mereka akan memberi sugesti kepada pikiran dan alam bawah sadar anak.

Adanya sugesti-sugesti seperti ini sebenarnya dapat berbahaya bagi anak, terutama dalam pembentukan kepribadian dan akhlak anak di masa depan nantinya.

Adanya pembentukan pikiran dari alam bawah sadar ini seharusnya dimanfaatkan oleh orangtua dan keluarga untuk memberikan masukan dan kata-kata positif bagi anak, agar dapat bermanfaat bagi perkembangan anak.

BACA JUGA:7 Cara yang Efektif untuk Mendidik Anak Agar Cerdas dan Berprestasi, Nomor 2 Sangat Penting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: