Terbukti Ampuh dan Efektif, 7 Air Rebusan Ini Dapat Stabilkan Serta Turunkan Gula Darah Secara Alami

Terbukti Ampuh dan Efektif, 7 Air Rebusan Ini Dapat Stabilkan Serta Turunkan Gula Darah Secara Alami

Selain untuk makanan, ternyata air rebusan daun pandan berkhasiat untuk kesehatan, seperti mengurangi gula darah dan sebagai obat kanker--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan kondisi di mana kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal.

Hal ini bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti diabetes tipe 2, kerusakan saraf, kerusakan pembuluh darah, dan bahkan stroke. 

Tapi tenang saja, ada beberapa minuman dari bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk bantu menstabilkan dan menurunkan kadar gula darah, apa saja sih? Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Air rebusan teh hitam 

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2019 mencatat bahwa beberapa studi epidemiologi menunjukkan bahwa minum air rebusan teh hitam, hijau, atau oolong dapat mengurangi risiko terkena diabetes atau komplikasi diabetes. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa teh hitam dapat bekerja di dalam tubuh seperti insulin dan mengurangi respons peradangan.

Teh hitam juga dapat membantu penderita diabetes dengan mengurangi penyerapan karbohidrat dan meningkatkan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes. Studi lain pada 2017 menemukan bahwa minum teh hitam setelah mengonsumsi gula bisa membantu mengontrol glukosa darah.

BACA JUGA:

Air rebusan kayu manis

Kayu manis dibuat dengan menyeduh batang kayu manis atau menambahkan bubuk kayu manis ke dalam air panas. Kayu manis telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional dan dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk membantu mengelola kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan glukosa setelah makan.

Air rebusan daun kelor 

Kelor yang secara ilmiah dikenal dengan nama Moringa oleifera merupakan tanaman obat yang mengandung banyak khasiat. Salah satu manfaat daun kelor merupakan sebagai bahan hipoglikemik alami yang membantu mengatur kadar gula darah. Daun kelor dapat dimanfaatkan dengan cara diminum sebagai air rebusan atau dikonsumsi dalam bentuk kapsul. Untuk membuatnya, tuang 250 mililiter atau sekitar 1 gelas air ke dalam panci, kemudian panaskan sampai mendidih. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan (10 gram) daun kelor. Tutup dan rebus selama 5 menit, kemudian saring dan minum 2 gelas per hari.

Air putih

Minum air putih membantu menjaga hidrasi tubuh dan dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Air juga meningkatkan volume darah, mendorong pelepasan asam amino yang mempengaruhi regulasi gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: