Siap Menangi Pilkada 2024, Ridwan Kamil Sebut Bakal Mencintai Seisinya Termasuk Persija, Begini Kata Pengamat

Siap Menangi Pilkada 2024, Ridwan Kamil Sebut Bakal Mencintai Seisinya Termasuk Persija, Begini Kata Pengamat

Siap Menangi Pilkada 2024, Ridwan Kamil Sebut Bakal Mencintai Seisinya Termasuk Persija'-Disway.Id/Candra Pratama-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.

Jika nantinya terpilih, Kang Emil sapaan akrabnya siap dan berjanji untuk mencintai Jakarta, termasuk Persija dan supporter The Jakmania.

Berangkat dari hal tersebut, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Muhammad Jamiluddin Ritonga melihat pernyataan RK itu sebagai bentuk upaya memperoleh dukungan suara dari para The Jakmania.

"Para Jakmania dibutuhkan RK karena suaranya dapat memenangkannya pada Pilkada Jakarta 2024," ujar Jamiluddin dalam keterangannya, pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh RK merupakan cara yang cerdas dalam mendekati Jakmania. Sebab, suara Jakmania akan menentukan menang tidaknya RK pada Pilkada Jakarta 2024.

BACA JUGA:

"Saat ini Jakmania ada 4 juta. Jumlah itu setidaknya diketahui dari pengikut instagtam resmi Persija. Dengan jumlah sebanyak itu, tentu Jakmania akan menjadi rebutan bagi cagub yang berkontestasi di Jakarta," tuturnya.

Pasalnya, kata Jamiluddin, jika semua suara Jakmania memilih RK, maka kemenangan sudah pasti ditangan. Akan tetapi, sulit mengharapkan suara Jakmania akan bulat pada kandidat tertentu.

"Sebab, organisasi Jakmania sangat cair, bukan dalam sistem komando. Karena itu, pilihan pengurus Jakmania pada cagub tertentu tidak dengan sendirinya akan diikuti oleh anggotanya," imbuhnya.

Tak berhenti di situ, Jamaluddin menyampaikan, Jakmania memang akan sangat menentukan menang tidaknya cagub di Jakarta. Pengaruhnya akan sangat besar bila Jakmania suaranya bulat memilih kandidat tertentu.

"Karena itu, wajar kiranya kalau Jakmania akan jadi rebutan bagi semua kandidat yang maju di Jakarta. RK tampaknya sudah memulainya dengan harapan mendapat dukungan dari Jakmania," urainya.

Namun, lanjut Jamal, dukungan Jakmania terhadap RK tampaknya tidak akan bulat.

Sebab, RK bisa jadi masih di persepsi oleh sebagian besar Jakmania adalah bagian dari supporter Persib. Dikenal dengan Bobotoh (Viking).

"Kalau hal itu masih terjadi, maka peluang RK mendapat dukungan dari Jakmania tampaknya tidak akan signifikan. Bahkan tak menutup kemungkinan akan terjadi penolakan terhadap RK," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: