Profil Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Indonesia yang Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Profil Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Indonesia yang Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Profil Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Indonesia yang Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024--Instagram/@ifsclimbing

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo yang sukses sumbang emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Veddriq Leonardo berhasil taklukkan atlet panjat tebing asa China Wu Peng di babak final cabang olahraga panjat tebing pada 8 Agustus 2024.

Berlaga di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis pada sore hari WIB, penampilan atlet panjat tebing Indonesia yang berjalan dengan apik.

Atlet 27 tahun tersebut hanya membutuhkan waktu 4,75 detik untuk bisa menyingkirkan lawan Wu Peng sebelum akhirnya pecahkan rekor jadi atlet pertama yang sumbang medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Veddriq Leonardo lahir 11 Maret 199 adalah seorang atlet panjat cepat asal Indonesia. Veddriq menjadi atlet panjat tercepat setelah mencetak rekor dunia di Piala Dunia IFSC 2023 Seoul dengan catatan waktu 4,90 detik.

BACA JUGA:

Rekor tersebut ia raih setelah memanjat climbing wall setinggi 15 meter dengan catatan waktu tercepat di dunia pada 28 April 2023. 

Veddriq Leonardo yang mengawali hobi panjat tebingnya saat duduk di bangku SMA dan memulai nomor boulder. Sejak saat itu Veddriq Leonardo sukses menjadi potensi terbaik di nomor speed.

Veddriq adalah manusia pertama di dunia yang resmi memanjat dengan hasil di bawah 5 detik.

Pada tahun 2014, ia mengikuti kejuaraan nasional pertamanya di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau di mana ia berada di delapan besar.

Pada tahun 2016, ia meraih medali pertama (perunggu) di kejuaraan nasional junior di Bangka Belitung.

Turnamen internasional pertamanya adalah Piala Dunia IFSC Moskow 2018 di mana ia menempati posisi ketiga.

Pada 2018, peraih emas pertama di Olimpiade Paris 2024 untuk Indonesia tersebut sukses meraih prestasi yang cemerlang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: