Kerap Kali Diabaikan, Kenali Gejala Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah yang Jarang Diketahui

Kerap Kali Diabaikan, Kenali Gejala Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah yang Jarang Diketahui

Ilustrasi foto: Penyempitan pembuluh darah--Instagram.com

BACA JUGA:

Sesak napas

Gejala penyumbatan pembuluh darah yang pertama perlu diwaspadai adalah sesak napas, teman-teman. Sesak napas bisa terjadi karena jantung pengidapnya tidak mampu memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Biasanya sesak napas ini dialami ketika sedang beraktivitas berat, contohnya setelah berolahraga atau naik tangga. Meskipun begitu, sesaak napas ini bisa menjadi tanda dari penyakit lainnya, seperti asma, tekanan darah rendah, anemia, hingga pneumonia. 

Penyakit tertentu

Salah satu penyakit yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah adalah sindrom penyempitan pembuluh darah otak reversibel (RCVS). Kondisi ini terjadi ketika otot-otot di dinding pembuluh darah pada otak terganggu, sehingga sering mengalami penyempitan. Penyakit ini kerap menimbulkan gejala sakit kepala yang datang secara tiba-tiba.

Itulah tadi beberapa tanda atau gejala ketika kita mengalami penyumbatan pembuluh darah, jadi lebih hati-hati dan segera periksa ke dokter kalau kamu maupun orang terdekat mengalaminya! Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: