Pekan Menyusui Dunia, Ingat Menyusui Mampu Memberi Perlindungan Kesehatan Saat Ini dan Masa Depan

Pekan Menyusui Dunia, Ingat Menyusui Mampu Memberi Perlindungan Kesehatan Saat Ini dan Masa Depan

Ilustrasi ibu menyusui.-Foto: Pinterest.com/@herviewfromhome-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pekan Menyusui Dunia 2024 kembali diperingati pada 1-7 Agustus 2024 sebagai upaya untuk melakukan promosi, perlindungan, dan dukungan Menyusui.

Pada perayaan ini, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) mengampanyekan tema Closing the Gap atau Memperkecil Kesenjangan untuk menyoroti pentingnya memberikan kesempatan yang sama bagi setiap ibu untuk menyusui bayinya.

Selain itu juga berfokus pada edukasi masyarakat tentang kesenjangan yang terjadi dalam praktik dukungan menyusui, terutama yang masih dialami kelompok rentan.

Dengan begitu, diharapkan hak dasar atas kesehatan ibu dan anak dapat terpenuhi, sebagaimana diatur dalam UUD 1945 bahwa setiap setiap orang di Indonesia berhak mendapatkan kehidupan yang layak, salah satunya adalah menyusui.

"Menyusui memberikan perlindungan kesehatan baik saat ini maupun masa depan terhadap ibu atau anak," ujar Ketua Umum AIMI Nia Umar pada konferensi pers daring, 30 Juli 2024.

BACA JUGA:

Pihaknya pun terus menyuarakan pentingnya dukungan menyusui serta praktik dalam pemberian makan bayi dan anak (PMBA).

"Supaya masa depan anak-anak Indonesia di kemudian hari menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, tidak mudah sakit, sehat, selalu, dan ibu-ibu menjadi sehat, berdaya, serta mampu menyusui buah hatinya," tambahnya.

"AIMI telah berdiri selama 17 tahun dan kami melihat ada peningkatan yang berarti dalam upaya perlindungan, promosi, dan dukungan menyusui yang positif dari berbagai pihak. Tetapi AIMI menyadari tidak semua pasang ibu dan anak juga bisa mengakses ini, untuk itu AIMI ingin mengajak semua pihak untuk bisa lebih berperan lebih dalam upaya meningkatkan cakupan angka menyusui di Indonesia,” ungkap Ketua Umum AIMI Nia Umar.

Asosiasi yang juga tengah merayakan ulang tahunnya itu menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka PMD 2024 ini.

Mulai dari Lactation Massage Training for Breastfeeding Empowerment hingga The International Baby Food Action Network (IBFAN) Southeast Asia Meeting.

Lactation Massage Training for Breastfeeding Empowerment nantinya diselenggarakan pada 13-16 Juli 2024 dengan mengundang pakar pijat laktasi Ines Fernandez.

Kemudian IBFAN Southeast Asia Meeting berlangsung pada 17-18 Juli 2024 dengan dihadiri delegasi dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina serta observer dari Australia.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: