Cegah Diabetes, 10 Makanan Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Gula Darah

Cegah Diabetes, 10 Makanan Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Gula Darah

Rekomendasi sayuran untuk penderita diabetes--freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjaga kesehatan gula darah adalah langkah penting untuk mencegah dan mengelola diabetes serta menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mengontrol kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah lonjakan gula darah. 

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan gula darah:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Serat dalam sayuran hijau memperlambat penyerapan gula, sehingga mencegah lonjakan gula darah.

2. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan biji chia kaya akan serat, protein, dan lemak sehat. Nutrisi ini membantu mengatur kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Kacang-kacangan juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Buah-Buahan Beri

Buah-buahan beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry rendah gula dan tinggi serat serta antioksidan. Serat dalam buah beri membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula. Antioksidan dalam buah beri juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Omega-3 juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah.

5. Gandum Utuh

Gandum utuh seperti oatmeal, quinoa, dan beras merah mengandung serat dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan biji-bijian olahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: