Ternyata Ini Pesan Rasulullah SAW Melarang Anak Kecil Keluar Pada Waktu Maghrib

Ternyata Ini Pesan Rasulullah SAW Melarang Anak Kecil Keluar Pada Waktu Maghrib

Ilustrasi foto: larangan keluar di waktu maghrib--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Rasulullah SAW melarang anak-anak keluar pada waktu maghrib. Bahkan beliau juga menganjurkan untuk menutup pintu-pintu rumah pada waktu tersebut.

Orang jawa kuno juga biasa melarang anak-anaknya untuk tidak keluarh rumah di hari menjelang petang, konon takut terkena gangguan setan. 

Ternyata hal ini pernah diungkapkan oleh Rasulullah dari sebelumnya agar orang tua tidak melepaskan anak-anaknya di sore hari saat menjelang petang. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: 

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ

Artinya: "Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran." (HR Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:

Alasan Tidak Boleh Keluar Rumah saat Maghrib

Alasan anak-anak tidak boleh keluar rumah saat Maghrib adalah karena waktu tersebut merupakan waktu setan berkeliaran dan berpencar. Selain itu, saat memasuki waktu magrib Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk menjaga bayi-bayi. Dijelaskan dalam Sahih Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ - أَوْ أَمْسَيْتُمْ - فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ ، فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَحُلُّوهُمْ ، وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

Artinya: "Jika sore hari mulai gelap maka tahanlah bayi-bayi kalian sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu. Jika sesaat dari malam telah berlalu maka lepaskan mereka, kunci pintu pintu rumah dan sebutlah nama Allah sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup."

Dalam ajaran Islam, waktu Maghrib merupakan waktu setan datang bersamaan dengan datangnya kegelapan. Pada waktu tersebut, setan dan jin mulai menyebar mencari tempat tinggal dan tempat berlindung.

Berapa banyak anak kecil yang dikuasai oleh bangsa jin dan syaitan di saat waktu-waktu tersebut. Betapa ajaran Islam juga peduli terhadap anak-anak dan rumah yang kita tinggali. 

Yang dimaksud malam akan menjelang adalah ketika matahari tenggelam dan waktu maghrib sudah tiba. Menahan anak-anak supaya tetap berada di dalam rumah dan menutup pintu pada waktu maghrib masuk dalam bab hal-hal yang dianjurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: