Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Minum Secangkir Kopi di Pagi Hari? Begini Penjelasannya

Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Minum Secangkir Kopi di Pagi Hari? Begini Penjelasannya

Foto Ilustrasi: kapan waktu yang tepat di pagi hari untuk minum secangkir kopi--Foto: unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Meminum secangkir kopi di pagi hari telah menjadi aktivis yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang. Maka tak heran, jika kopi dinilai sangat ampuh untuk menjadi 'booster' sebelum memulai aktivitas agar lebih semangat. 

Dengan secangkir kopi, tingkat energi dan kewaspadaan seolah langsung meningkat. Namun sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk meminum secankir kopi di pagi hari? Berikut ulasannya.

Ahli diet teregistrasi Anthony DiMarino menuturkan bahwa minum kopi di pagi hari menjadi salah satu langkah yang baik untuk mengawali hari di pagi hari. Namun perlu diingat, jenis kopi yang dimaksud adalah kopi tanpa gula. 

BACA JUGA:

DiMarino menuturkan bahwa tubuh manusia cenderung mengeluarkan kortisol atau hormon stres ketika bangun tidur. Hal ini dapat membantu diri menjadi lebih waspada dan sadar akan lingkungan sekitar saat terbangun.

Ia menuturkan tingkat kortisol umumnya mencapai puncak pada jam 7-8 pagi. Tingkat hormon kortisol akan menurun secara perlahan dan mencapai titik terendah di tengah malam saat sudah tidur.

DiMarino mengatakan bahwa respon tubuh seseorang dengan kopi dapat berbeda-beda. Stimulasi dari kopi berkafein di pagi hari juga dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh.

Sebagian orang mungkin akan merasa bersemangat setelah minum kopi, sebagian lainnya mungkin justru merasa cemas dan gelisah. Oleh karena itu penting untuk menentukan porsi kopi yang tepat di pagi hari.

Selain itu, minum kopi sebelum berolahraga ternyata juga punya manfaat. Efeknya, bisa mengangkat beban lebih berat atau berlari lebih cepat. Sebaiknya, konsumsi kopi minimal 30 menit sebelum memulai olahraga untuk mendapat hasil dan energi yang maksimal.

BACA JUGA:

Efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga 6 jam lamanya. Untuk itu, disarankan agar berhenti mengkonsumsi kopi di sore hari. Terakhir, kopi atau minuman berkafein lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi berdekatan dengan jam makan.

Namun jika dilihat dari sisi medis, minum kopi di pagi hari justru tidak bagus untuk metabolisme tubuh. Minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein sebaiknya disesuaikan dengan ritme sirkadian atau jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, sampai mengendalikan hormon stres (kortisol).

Bijaklah untuk mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: