Enak dan Bernutrisi, 10 Jus Ini Mampu Turunkan Darah Tinggi saat Hamil

Enak dan Bernutrisi, 10 Jus Ini Mampu Turunkan Darah Tinggi saat Hamil

Ilustrasi orang hamil.-Foto: Unsplash.com/HeatherMount-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tekanan darah tinggi atau hipertensi saat hamil, dikenal sebagai hipertensi gestasional, adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus. 

Selain mengikuti anjuran medis, beberapa jenis jus alami dapat membantu mengelola tekanan darah secara efektif. 

Jus penurun darah tinggi saat hamil umumnya terbuat dari buah-buahan tinggi antioksidan dan mineral, seperti kalium dan magnesium. 

Tekanan darah tinggi saat hamil atau hipertensi gestasional adalah kondisi ketika tekanan darah ibu hamil di atas angka 140/90 mmHg. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa berkembang menjadi preeklamsia. 

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga tekanan darah tetap normal guna mencegah terjadinya komplikasi kehamilan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jus yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil dikutip dari Alodok.

10 Jus Penurun Darah Tinggi Saat Hamil

1. Jus buah bit

Buah bit mengandung kalium dan antioksidan yang melimpah. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat pada buah bit adalah betalain, yang juga berperan sebagai pemberi warna merah alami pada buah ini.

Selain bisa membantu mengontrol tekanan darah tetap normal, buah bit juga mengandung asam folat yang bisa mencegah anemia pada ibu hamil.

2. Jus delima

Buah delima mengandung antioksidan polifenol yang bisa mengurangi peradangan di dinding pembuluh darah. 

Antioksidan ini juga bisa mencegah kerusakan pembuluh darah dan mengurangi risiko terjadinya plak akibat penumpukan kolesterol sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah.

Tidak hanya itu, jus delima juga tinggi kandungan antosianin yang terbukti bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga baik untuk kesehatan Bumil dan janin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: