Gagal ke Final AFF 2024, Nova Arianto Apresiasi Perjuangan Mental Timnas Indonesia U16

Gagal ke Final AFF 2024, Nova Arianto Apresiasi Perjuangan Mental Timnas Indonesia U16

Pertandingan Timnas Indonesia U-16 pada kejuaraan Piala AFF U-16 melawan Australia, Senin, 1 Juli 2024-PSSI-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada laga semifinal Piala AFF U-16 yang kini dikenal dengan ASEAN U-16 Boys Championship 2024 di Solo, Pelatih timnas Indonesia U-16, Nova Arianto mengungkapkan kekagumannya atas mental yang ditampilkan para pemain Timnas U-16 Indonesia.

"Walaupun main dengan sepuluh pemain, tapi bisa mengimbangi Australia. Mental pemain luar biasa," ungkap Nova dalam keterangan yang diterima Disway.Id, Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024 pagi.

Australia tampil sebagai pemenang pada laga tersebut dengan mengalahkan Indonesia dengan skor 5-3.

Diakui, performa Indonesia mengalami sedikit pergeseran menyusul dikeluarkannya kartu merah kepada Raihan Apriansyah Sudrajat, salah satu pemain Indonesia, pada menit ke-30.

"Secara evaluasi memang kartu merah yang terlalu cepat di menit ke-30, itu yang membuat perjalanan pertandingan sedikit berbeda," ucapnya.

BACA JUGA:

Kondisi tersebut memberikan pengaruh besar bagi para pemain Timnas U-16 Indonesia sehingga mereka kesulitan menghindari tekanan lawan secara efektif.

"Ya di sini saya bilang daya juang pemain saya secara mentality sangat-sangat luar biasa. Ini jadi pelajaran yang berharga buat pemain kami, juga di mana kami sering buat blunder-blunder di lini belakang yang mengakibatkan kami kena kartu merah dan kemasukan gol," jelas pelatih berusia 44 tahun.

Menurutnya, kompetisi AFF baru-baru ini menjadi ajang latihan berharga bagi tim U-16, mempersiapkan mereka menghadapi kualifikasi AFC dan memberikan pengalaman bermanfaat bagi seluruh pemain yang terlibat.

"Ini jadi pelajaran yang berharga buat pemain kami, juga di mana kami sering buat blunder-blunder di lini belakang yang mengakibatkan kami kena kartu merah dan kemasukan gol," tegasnya

Mengekspresikan rasa puasnya, gelandang Daniel Alfrido mengungkapkan kepuasannya terhadap kinerja Timnas Indonesia U-16. 

Meskipun kekurangan pemain, mereka menunjukkan ketahanan yang luar biasa dan memberikan perlawanan yang kuat.

"Pertandingan tadi sangat bagus, walaupun kami tertinggal banyak. kami bakal ketemu lagi di AFC. Kami bakal maksimalkan lagi," ungkap Alfrido.

Menyusul kekalahannya baru-baru ini, Indonesia kini akan bertanding melawan Timnas U-16 Vietnam untuk mendapatkan kesempatan mengamankan tempat ketiga di Kejuaraan Putra U-16 ASEAN 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: