Mengenal Candi Gedong Songo di Lereng Gunung Ungaran, Menjadi Objek Wisata Populer di Semarang Jawa Tengah

Mengenal Candi Gedong Songo di Lereng Gunung Ungaran, Menjadi Objek Wisata Populer di Semarang Jawa Tengah

Kompleks Candi Gedong Songo di Lereng Gunung Ungaran Semarang Jawa Tengah Foto Objek Wisata Populer Foto :Pariwisata Provinsi Jawa Tengah--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID – Fungsi Candi pada masa kejayaan agama Hindu di Nusantara digunakan sebagai tempat melaksanakan ibadah, antara lain dengan melakukan puja-pujaan kepda Dewa-dewa. Di  Tanah Jawa, khususnya di Kota Semarang Jawa Tengah terdapat Komplek Candi Hindu yang bernama Candi Gedong Songo yang masih kokoh, kuat berdiri hingga kini.

Lokasi Candi ini berada di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah , tepatnya berada di Lereng Gunung Ungaran. Pada Kompleks Candi ini terdapat sembilan (9) buah Candi.

Menarik dan unik, Candi Gedong Gedong Songo ditemukan oleh seorang Gubernur Jenderal Inggris di Hindia Belanda yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Nama Sir Thomas Raffles tak saja dikenal oleh Penduduk Jawa, Masyarakat Provinsi Bengkulu dan juga Indonesia umumnya mengenal namanya. 

BACA JUGA:Ayo Datang Ke Sumenep di Jawa Timur Nikmati Panorama Indah dan Bberfoto Instgramable di Bukit Tinggi Darmasita

BACA JUGA:Remokendasi 7 Destinasi Wisata Unggulan di Kuningan Jawa Barat Cocok Untuk Mengisi Liburan Panjang

Raflles pernah berada dan tinggal di Bengkulu antara tahun 1918 sampai dengan 1824, dengan Jabatan Gubernur Jenderal Inggris di Hindia Belanda.

Sir Thomas Stamford Raffles menemukan Candi Gedong Songo pada tahun 1804, kala usianya masih 23 Tahun. Pengarang Buku terkenal The History Of Java tersebut, semula hanya menemukan 7 Candi saja. Barulah sekitar tahun 1808, seorang arkeolog Belanda menemukan lagi dua Candi tambahan.

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan kejayaan Mataram Kuno di Pulau Jawa, yang dibangun sekitar abad ke-8. Jika dihitung dari sekarang artinya Kompleks Candi Gedong Songo telah berusia kurang lebih 1200 tahun. Suatu usia yang cukup tua dalam sejarah Peradaban manusia.

Sekarang ini Kondisi Candi masih cukup terawat dengan baik dan menjadi objek wisata Populer di Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Letak Candi berada di ketinggian sekitar 1200 dari permukaan Laut sehingga suhu udaranya cukup dingin. Terdapat Arca Siwa Mahakala, Siswa Mahaguru dan Ganesha menjadi bukti bahwa Candi Gedong Songo digunakan sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa.

Lokasi Candi yang tersebar di Lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dan mata air yang mengandung belerang, area perkemahan dan wisata berkuda.  

Menuju ke kawasan Komplek Candi membutuhkan sekitar 40 menit perjalanan dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik dan kemiringanya sangat tajam, rata-rata mencapai 40 derajat. Lokasi Candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari objek wisata Bandungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: