Mengenal Microgreens dan Manfaatnya Bagi Tubuh Serta Cara Budidayanya yang Tepat!

Mengenal Microgreens dan Manfaatnya Bagi Tubuh Serta Cara Budidayanya yang Tepat!

Mengenal microgreens dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.--instagram.com/@208juice

Polifenol merupakan kelas antioksidan yang bisa membantu menekan risiko penyakit jantung. Terlebih lagi beberapa sayuran ini, seperti kubis merah terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:

Cara Budidaya Microgreen

Untuk menanam microgreen di rumah, kamu hanya membutuhkan peralatan sederhana. Simak tahapannya dibawah ini: 

1. Menyiapkan media tanam 

Media tanam yang digunakan untuk microgreen dapat bermacam-macam, mulai dari tanah, sekam bakar, kapas, hingga spons. 

2. Menyiapkan wadah 

Kamu dapat memanfaatkan barang-barang bekas untuk menjadi wadah tanam microgreen, seperti plastik bekas bungkus makanan ringan atau gelas plastik. Jangan lupa untuk melubangi bagian dasarnya agar air tidak menggenang. 

3. Menyemai benih 

Tebarkan benih di atas tanah dan taburkan lapisan tipis tanah di atasnya. Apabila menggunakan media tanam selain tanah, tekan benih kira-kira setengah cm pada permukaan media tanam. Jika benih berukuran besar, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu di air hangat selam 3-5 jam untuk membantu mengaktifkan benih. Setelah disemai, semprotkan pada permukaan dengan air untuk melembabkannya. 

4. Perawatan 

Microgreen membutuhkan paparan sinar matahari sekitar 4 jam sehari. Selain itu, pastikan media tanam dalam kondisi lembab, namun tidak becek.  

5. Masa Panen 

Setelah tingginya sudah mencapai 5-10 sentimeter, microgreen sudah bisa dipanen. Caranya dengan mengguntingnya pada bagian batang yang terdekat dengan media tanam. Kemudian, cuci bersih dan microgreen siap dikonsumsi.

Demikianlah, ulasan artikel diatas terkait Microgreens, sayuran hijau yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh serta cara budidayanya yang tepat. Semoga artikel diatas dapat membantu, terimakasih!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: