Prakiraan Cuaca Hari Ini Minggu 16 Juni 2024, Sebagian Wilayah di Indonesia Akan Diguyur Hujan

Prakiraan Cuaca Hari Ini Minggu 16 Juni 2024, Sebagian Wilayah di Indonesia Akan Diguyur Hujan

Prakiraan cuaca BMKG di Indonesia pada Minggu, 16 Juni 2024.-Foto: Ilustrasi/Freepik -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan adanya sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera, membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau wilayah konvergensi. 

Wilayah ini memanjang di Samudra Hindia sebelah barat daya Sumatera pada hari Minggu, 16 Juni 2024. Selain itu, sirkulasi siklonik juga terpantau di perairan Utara Papua Barat, membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau wilayah konvergensi dari Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, hingga Papua Barat Daya. 

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau sirkulasi siklonik tersebut. Untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya didominasi dari arah timur hingga Tenggara, dengan kecepatan angin berkisar 10 hingga 40 km/jam. 

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 17 hingga 35 derajat Celcius, dengan kelembaban berkisar 50 hingga 100%. Prakiraan Cuaca 16 Juni, Sebagian Wilayah Indonesia akan Diguyur HujanMeilani Teniwut 16/6/2024 00:25A- A+Prakiraan Cuaca 16 Juni, Sebagian Wilayah Indonesia akan Diguyur Hujan.

BACA JUGA:

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera, membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau wilayah konvergensi. Wilayah ini memanjang di Samudra Hindia sebelah barat daya Sumatera pada hari Minggu, 16 Juni 2024. 

Selain itu, sirkulasi siklonik juga terpantau di perairan Utara Papua Barat, membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau wilayah konvergensi dari Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, hingga Papua Barat Daya. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau sirkulasi siklonik tersebut.

Untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya didominasi dari arah timur hingga Tenggara, dengan kecepatan angin berkisar 10 hingga 40 km/jam. Suhu udara diperkirakan berkisar antara 17 hingga 35 derajat Celcius, dengan kelembaban berkisar 50 hingga 100%. 

Berdasarkan peta Fire Danger Rating System, beberapa wilayah dengan kategori sangat mudah terbakar antara lain sebagian kecil Jawa Barat bagian Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua bagian selatan. 

Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut dihimbau untuk tidak membakar sampah atau membuang puntuk rokok sembarangan. Untuk perkiraaan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia secara umum berkisar 0,5 hingga 2,5 meter.

Prakiraan Cuaca di Kota-Kota Besar

Pulau Sumatera

  • Banda Aceh: Berawan
  • Tanjung Pinang: Hujan sedang
  • Medan: Waspada hujan lebat
  • Pekanbaru dan Padang: Hujan disertai petir atau kilat
  • Palembang dan Bandar Lampung: Hujan ringan
  • Bengkulu: Waspada hujan lebat
  • Jambi dan Pangkal Pinang: Hujan disertai petir atau kilat

Pulau Jawa

  • Semarang dan Yogyakarta: Berawan
  • Jakarta, Serang, dan Bandung: Hujan ringan
  • Surabaya: Hujan dengan intensitas sedang

Pulau Bali dan Nusa Tenggara

  • Umumnya cerah berawan hingga berawan di Kupang, Mataram, dan Denpasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: