Jangan Digaruk! Begini Cara Mengobati Eksim pada Kulit, Kenali Gejalanya

Jangan Digaruk! Begini Cara Mengobati Eksim pada Kulit, Kenali Gejalanya

Gatal Menyiksa Eksim Kering atau Eksim Basah, Jangan Panik! Ini Solusinya--Foto: unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Eksim adalah kondisi kulit yang umum, dan ada dua jenis utama: eksim kering dan eksim basah. Meskipun keduanya termasuk eksim, ada beberapa perbedaan dalam gejala, penyebab, dan cara penanganannya.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang keduanya dengan cara yang lebih santai dan mudah dipahami.

Eksim Kering

Eksim kering adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit menjadi merah, kering, dan pecah-pecah. Biasanya, tidak ada lepuhan atau luka basah yang terlihat pada kulit yang terkena eksim kering.

Gejala utama eksim kering adalah kulit yang kering, bersisik, pecah-pecah, dan terasa gatal.

Eksim kering ini nggak menular, jadi nggak perlu khawatir akan menularkannya ke orang lain. Penyebabnya pun bukan karena infeksi virus. Biasanya, eksim kering muncul karena iritasi kulit. 

BACA JUGA:

Misalnya, bisa karena kulit terkena bahan kimia tertentu, cuaca yang terlalu dingin atau panas, atau karena kulit yang memang cenderung kering.

Selain itu, faktor keturunan juga bisa jadi penyebab eksim kering. Jika ada anggota keluarga yang punya riwayat asma, alergi rhinitis, atau eksim, maka risiko untuk terkena eksim kering bisa lebih tinggi. 

Stres juga bisa memicu eksim kering, begitu juga dengan kondisi "darah manis" yang menyebabkan kulit lebih sensitif.

Eksim Basah

Eksim basah, di sisi lain, adalah kondisi eksim yang lebih serius. Eksim ini ditandai dengan adanya lepuhan kecil yang mengeluarkan cairan bening atau berwarna seperti jerami.

Selain itu, eksim basah sering menimbulkan sensasi gatal, sakit, dan terbakar pada kulit, serta kulit yang tampak bersisik.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: