Berikut 7 Tips Agar Tidak Malas Jalan Kaki Saat Pagi Hari, Lebih Sehat dan Menyenangkan!

Berikut 7 Tips Agar Tidak Malas Jalan Kaki Saat Pagi Hari, Lebih Sehat dan Menyenangkan!

Ilustrasi berjalan kaki di pagi hari.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berjalan kaki merupakan pilihan ideal dalam hal aktivitas fisik dan tidak memerlukan keahlian khusus. Berjalan kaki sering disebut sebagai olahraga yang murah dan mudah. 

Kita bisa melakukannya di mana saja, kapan saja, dan mungkin hanya perlu alas kaki, atau bahkan bisa sama sekali tidak mengenakan alas kaki. Namun, kadang kerap kali rasa malas untuk berjalan kaki muncul mengganggu niat untuk berjalan kaki. 

Penelitian menyebutkan bahwa berjalan kaki selama setidaknya 30 menit dalam sehari akan membawa efek yang positif terhadap kesehatanmu.

Namun, jika kamu merasa tidak punya cukup niat alias malas untuk berjalan kaki, kamu bisa memanfaatkan trik di bawah ini agar makin rajin!

BACA JUGA:

Temukan teman berjalan atau grup jalan kaki 

Banyak orang menikmati kesendirian saat berjalan kaki, namun ada juga yang merasa lebih termotivasi untuk berjalan bersama teman atau kelompok. Berjalan kaki bersama teman bisa membuat rutinitas jauh lebih menyenangkan. 

Menggunakan aplikasi

Menghitung jumlah langkah harian adalah salah satu kegiatan paling membosankan yang bisa kamu lakukan. Namun, dengan menggunakan aplikasi pelacak langkah, jarak, hingga penghitung kalori yang terbakar, kamu bisa menjadikan aktivitas berjalan kaki menjadi lebih menyenangkan. Kamu bisa menggunakan aplikasi pedometer sederhana di ponsel, aplikasi pelacak langkah kaki seperti Map My Run atau My Fitness Pal, hingga menjadikan aktivitas tersebut menjadi permainan dengan aplikasi Zombies, Run!. Aplikasi terakhir dapat membuat kamu berjalan dengan lebih cepat sambil menikmati cerita dan efek suara yang mendirikan bulu kuduk.

Pilih waktu yang cocok 

Tips lain memotivasi diri untuk berjalan-jalan setiap hari adalah dengan memilih waktu yang ideal. Cara Ponticello, pelatih pribadi di Komunitas Hidup Mandiri Fountaingate Gardens, menyarankan untuk jalan pada pagi atau sore hari, saat cuaca cenderung lebih sejuk dan tenang. Meskipun merupakan ide bagus untuk memilih waktu yang menyenangkan untuk berjalan kaki, ada baiknya juga memilih waktu yang memungkinkan kita menciptakan kebiasaan sehari-hari yang berkelanjutan. Misalnya, jika menurutmu jalan kaki saat istirahat makan siang adalah hal yang menyenangkan, maka jadwalkan waktu jalan setiap waktu tersebut.

Menghabiskan waktu di luar ruangan

Ada suatu faktor yang akan membuatmu merasa ingin terus berjalan ketika sedang menghabiskan waktu di luar ruangan. Kamu cukup berjalan ke taman yang paling dekat dengan tempat tinggal dan rasakan sendiri rasanya terus bergerak aktif karena terpikat oleh keindahan alam.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: