Apa Itu Budaya Hedon dan Bagaimana Cara Menghindari Dampaknya? Simak Disini

Apa Itu Budaya Hedon dan Bagaimana Cara Menghindari Dampaknya? Simak Disini

--

Ada beberapa faktor yang mendorong seseorang menjadi penganut paham hedonisme, baik itu faktor dari dalam diri sendiri “internal” ataupun dari luar “eksternal”

a) Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu yang didasarkan pada keyakinan diri sendiri untuk bergaya hidup sesuai keinginannya, hal ini penyebab hedonisme yang paling utama. 

b) Faktor Eksternal

Pengaruh dari lingkungan secara langsung atau tidak langsung bisa menyebabkan seseorang menjalani gaya hidup hedonisme. Faktor penyebab hedonisme dari luar yang paling utama ialah arus informasi dari luar yang sangat besar atau globalisasi. 

BACA JUGA:Wajib Coba! Daftar Kuliner Khas Nusa Penida yang Terkenal dan Jadi Incaran Para Wisatawan

Tips Menghindari Gaya Hidup Hedonisme

Berikut beberapa tips menghindari gaya hidup hedon:

1. Menyusun Anggaran Keuangan 

Penyusunan anggaran ini penting untuk kamu lakukan. Keberadaan anggaran bisa membantu kamu dalam melakukan pembagian porsi pengeluaran sesuai dengan tujuan masing-masing.

2. Lakukan Pencatatan Setiap Pengeluaran

Keberadaan anggaran akan sia-sia kalau kamu tidak menerapkannya secara disiplin. Sikap disiplin dalam pemakaian uang sangat sulit. Kamu perlu memaksa diri sendiri untuk disiplin menggunakan uang dengan cara melakukan pencatatan setiap pengeluaran. Biar praktis, pertimbangkan untuk memanfaatkan aplikasi pencatat keuangan.

3. Pemisahan Rekening

Kamu dapat memakai beberapa rekening berbeda dengan memperhatikan fungsi pemakaiannya. Sebagai contoh, satu untuk rekening tabungan dan rekening lain dipakai untuk keperluan sehari-hari. Pemisahan rekening dapat membantu kamu agar lebih disiplin dalam menggunakan uang. 

BACA JUGA:6 Teori Konspirasi yang Berubah Jadi Fakta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: