5 Juni Diperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Begini Fakta Menarik dan Perayaannya

5 Juni Diperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Begini Fakta Menarik dan Perayaannya

Ilustrasi kalender Juni 2024.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tanggal 5 Juni 2024 jatuh pada hari Rabu, pada hari ini terdapat sejumlah momen unik dan menarik yang diperingati di berbagai belahan dunia. Pada hari ini setidaknya ada 4 peringatan yang dirayakan di dunia internasional. 

Ada Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Lari Global, Hari Memerangi Penangkapan Ikan Ilegal Internasional, dan Hari Kesadaran Penyintas HIV Jangka Panjang. 

Adanya peringatan ini tujuannya untuk menjadi wadah kolaborasi antara masyarakat global dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Penasaran dengan sejarah dan keunikan masing-masing perayaan? Berikut ulasan lengkapnya mengenai peringatan yang jatuh pada 5 Juni 2024.

BACA JUGA:

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Lingkungan yang tercemar bisa berakibat fatal pada keberlangsungan hidup seluruh makhluk. Melansir National Today, salah satu contohnya yaitu polusi udara di sebagian kawasan Asia-Pasifik yang menyebabkan sekitar 7 juta orang meninggal dunia.

Meski dampaknya sudah sangat jelas, saat ini masih banyak aktivitas-aktivitas manusia yang mencemari lingkungan hidup.

Khawatir akan masalah-masalah lingkungan tersebut, negara Swedia pun mengusulkan kepada PBB agar mengadakan konferensi untuk membahas isu lingkungan pada 1968.

Kemudian pada 1972, konferensi pun diadakan bersama pemimpin-pemimpin dari seluruh dunia untuk membahas cara meningkatkan kesadaran melindungi lingkungan.

Di tahun yang sama, sebagai solusi diciptakanlah World Environment Day atau Hari Lingkungan Sedunia.

Peringatan ini pun ditetapkan secara resmi oleh PBB jatuh pada 5 Juni dengan slogan "Hanya Satu Bumi". Pada hari ini, masyarakat diajak menyuarakan kesadaran lingkungan, mendaur ulang limbah bekas hingga menanam pohon.

Adapun Hari Lingkungan Hidup Sedunia diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan mulai dari membuang sampah hingga isu perubahan iklim.

Salah satu tindakan melindungi lingkungan telah dilakukan oleh negara Tiongkok dengan memiliki setengah dari kendaraan listrik dunia untuk mengatasi polusi udara di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: