Voli Pantai Indonesia Berpeluang Segel Tiket Olimpiade Paris 2024

Voli Pantai Indonesia Berpeluang Segel Tiket Olimpiade Paris 2024

AVC/Asian Volleyball Championship- AVC/Asian Volleyball Championship-Disway Grup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tim Indonesia masih berpotensi untuk menambah jumlah atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Salah satunya dari cabang olahraga voli pantai putra dan putri. 

Peluang terbuka setelah tim voli pantai putra Indonesia Bintang Akbar/Sofyan Rachman Efendi menjadi juara di Volleyball World Beach Pro Tour 2024

Dalam turnamen tersebut, Bintang/Sofyan mengalahkan tim-tim kuat voli pantai dunia, mulai dari Thailand, Kanada sampai Brasil. 

Sedangkan tim putri yang diwakili Desi Ratnasari/Nur Atika Sari melesat ke semifinal Volleyball World Beach Pro Tour 2024. Keduanya masih akan melanjutkan perjuangan di semifinal AVC Beach Volleyball Continental Cup di Ningbo, 16-18 Juni mendatang. 

Total ada 24 tiket yang diperebutkan untuk bisa lolos ke Paris 2024 dari disiplin cabang olahraga voli pantai di mana per negara maksimal hanya bisa mengirimkan masing-masing 2 pasang dari tim putra dan putri. 

BACA JUGA:

Berdasarkan sistem kualifikasi Olimpiade, ada empat cara yang bisa dilalui untuk disiplin cabang olahraga voli pantai mendapatkan tiket ke Olimpade Paris 2024. 

Pertama, tiket Paris 2024 diberikan kepada negara tuan rumah, yakni Prancis. Kedua, pemenang FIVB Beach Volleyball World Championship 2023 otomatis telah mengamankan satu tiket lainya. 

Ketiga, urutan 17 teratas dunia dalam Olympic Ranking yang terhitung mulai 1 Januari 2023 sampai 9 Juni 2024 akan mendapatkan tiket. 

Terakhir, tiket Olimpiade Paris 2024 akan diberikan kepada negara pemenang dari kualifikasi olimpiade kontinental yang mewakili lima konfederasi (AVC, CAVB, CEV, NORCECA, CSV) baik di nomor putra maupun putri. 

“Untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade, Tim Putra masih harus mengikuti turnamen dan jadi juara di putaran final AVC Beach Volleyball Continental Cup di Ningbo, China, 21-23 Juni. Untuk Tim Putri saat ini ada di peringkat keempat dan akan tampil di semifinal Continental Cup 16-18 Juni. Kami masih terus berjuang dengan harapan bisa menang dan lolos ke Olimpiade Paris 2024,” Imam Sudjarwo, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PB PBVSI). 

“Semua yang turun ini pemain muda tapi potensial untuk lolos ke Olimpiade. Kami dari PB PBVSI akan full suport untuk mengawal tim putra dan putri kita di Continental Cup. Saya bersama manager tim juga akan hadir langsung di China nanti. Kami juga mohon doa restu dari masyarakat Indonesia untuk tim voli pantai Indonesia bisa juara dan lolos ke Olimpiade,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari memberikan dukungan penuh buat tim voli pantai Indonesia yang masih berjuang untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: