Investasi Emas Digital Jadi Solusi Beredarnya Emas Palsu, Untungnya Apa?

Investasi Emas Digital Jadi Solusi Beredarnya Emas Palsu, Untungnya Apa?

Emas Digital jadi solusi investasi emas yang aman melalui platform dan aplikasi yang diawasi oleh Bappebti--

Adapun saat ini ANTAM tengah mengembangkan platform aplikasi mobile untuk transaksi Brankas LM maupun transaksi pembelian emas fisik secara digital.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.

BACA JUGA:Ditetapkan Tersangka, Begini Modus 6 Mantan GM PT Antam Lakukan Korupsi Emas 109 Ton

Apa itu Emas Digital?

Emas digital adalah emas yang diperdagangkan secara digital atau melalui platform daring misalnya melalui aplikasi Pluang. 

Melalui cara ini, semua orang termasuk kamu, akan semakin mudah berinvestasi di emas lantaran tidak perlu lagi memegang atau menyimpan sang logam mulia tersebut dalam bentuk fisik. 

Paltform terpercaya seperti Pluang melalui PT Pluang Emas Sejahtera telah mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk membeli, memegang, dan menyimpan emas mewakili kepentingan pengguna Pluang yang memiliki emas digital. Ini bisa dilakukan karena Pluang telah bekerja sama dengan perusahaan badan usaha milik negara PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) untuk menjamin seluruh transaksi yang terdapat di Pluang. Sehingga untuk setiap gram emas yang dimiliki penggunanya, Pluang akan menyimpan satu gram emas fisik untuk mendukung kepemilikan tersebut.

 

Keuntungan Utama Emas Digital vs Emas Fisik

Emas digital memiliki beberapa keunggulan utama dibandingkan emas fisik, yaitu: 

  • Pecahan/denominasi yang kecil: emas digital dapat dibeli dalam satuan sekecil 0,01 gram (Rp10.000) dibandingkan dengan pembelian di sebagian besar toko emas di mana emas fisik hanya dapat diperoleh dengan denominasi minimum 1 gram. 
  • Mudah: Kamu tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu mengantri di toko. Yang kamu perlu lakukan hanyalah menggunakan aplikasi selama 10 detik untuk membeli emas kapan saja.
  • Spread lebih rendah dari emas fisik: Spread (perbedaan harga beli dan jual) emas digital jauh lebih kecil daripada emas fisik, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi dibandingkan transaksi jual-beli emas fisik.
  • Trading secara real-time. Harga emas digital diperbarui secara langsung (real-time) sehingga kamu bisa langsung menarik dana hasil penjualan ke rekening bank atau GoPay.
  • Tidak perlu tempat penyimpanan. Kamu tidak perlu menyimpan emas di tempat khusus ketika membeli emas digital. Sehingga kamu menghemat ongkos dan biaya penyimpanan yang biasanya dikenakan oleh banyak toko emas atau toko gadai. Berinvestasi emas digital juga membuatmu terhindar dari risiko pencurian emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: