Ide Kreatif! 6 Kegiatan Liburan di Rumah yang Menyenangkan Bersama Keluarga

Ide Kreatif! 6 Kegiatan Liburan di Rumah yang Menyenangkan Bersama Keluarga

--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Biasanya liburan identik dengan bepergian atau jalan-jalan mengunjungi tempat wisata, berbelanja, hingga berkunjung ke rumah sanak saudara.

Entah menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, saudara, teman, atau pun pasangan. Di sisi lain, ada juga yang memilih menikmati masa liburan di rumah bersama keluarga.

Namun, liburan di rumah bukan berarti diam dan tak melakukan apa pun. Bagi sebagian orang, mengisi waktu liburan di rumah cukup membingungkan.

BACA JUGA: Menpora Dito Optimis Timnas Indonesia Bakal Tampil Memukau di Piala AFF 2024

Liburan di rumah saja tidak jadi masalah. Buat kamu yang kebetulan memilih untuk menghabiskan waktu liburan di rumah, jangan bersedih.

Terdapat segudang ide kegiatan yang seru dan asyik dilakukan, sehingga kamu dan anggota keluarga tidak bosan untuk liburan di rumah.

Berikut kegiatan liburan yang bisa kamu lakukan di rumah

1. Menonton Film Keluarga

Mungkin tidak bisa piknik di luar karena kondisi tertentu, namun kamu bisa untuk menonton film keluarga bersama. Cukup banyak pilihan film keluarga menarik yang bisa ditonton dan mengandung pesan moral di dalamnya.

Menonton film keluarga bersama dapat memperkuat ikatan antar anggota keluarga, sehingga aktivitas seperti ini cocok dilakukan ketika libur. Libatkan seluruh anggota keluarga untuk memilih film kesukaan maupun serial yang hendak ditontonnya. Pastikan tontonannya pantas dan tidak mengandung unsur negatif seperti hal-hal berbau sensitif jika ada anak usia dini. Agar lebih seru, tidak ada salahnya juga menyiapkan hidangan snack untuk menemani waktu menonton.

BACA JUGA:Masuk Lima Besar, Rusli Pastikan Golden Tiket Pilkada

2. Berkebun

Mengisi kegiatan selama liburan di rumah dengan berkebun juga bisa menjadi alternatif yang tak kalah seru. Berkebun dipercaya bisa menyegarkan pikiran sekaligus memperindah pemandangan sehingga lingkungan sekitar rumah menjadi lebih segar.

3. Mencoba Hal Baru seperti Memasak Menu Makanan Baru

Kamu juga bisa mengisi liburan dengan kegiatan produktif yang menghibur dengan mencoba hal baru. Buat daftar hal yang selama ini ingin kamu coba tapi belum sempat dilakukan, lalu atur waktu untuk mewujudkannya pada liburan kali ini. Misalnya belajar memasak menu baru. Dengan mempelajari menu baru tersebut kamu dapat menambah keahlihan kamu dalam memasak.

4. Merapikan dan Mendekorasi Rumah

Kegiatan selama liburan di rumah lainnya yang dapat dicoba untuk mengisi waktu luang adalah merapikan dan mendekorasi rumah. Termasuk aktivitas bermanfaat karena membuat ruangan jadi lebih bersih sekaligus rapi.

Aktivitas merapikan ruangan dapat dimulai dari menyapu, membersihkan debu, lalu mengepel lantai. Kemudian mulailah menyusun ulang perabotan yang ada di ruangan tersebut bersama anggota keluarga lainnya. Aktivitas ini dijamin seru karena menumbuhkan kekompakan antar anggota keluarga.

BACA JUGA:Makin Panas! Densus 88 Antiteror Polri Kuntit Jampidsus Febrie Adriansyah, Menkopolhukam Terjunkan Tim Khusus

5. Mengembangkan skill

Saat ini, teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal dapat kamu manfaatkan untuk menambah keahlian baru atau memperdalam keahlian yang telah dimiliki sebelumnya.

Banyak sekali platform yang dapat digunakan untuk meng-upgrade diri. Kamu bisa belajar melalui YouTube atau media sosial seperti Instagram dan TikTok. Tentunya, konten yang dilihat juga harus yang bermanfaat.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti bootcamp, webinar, short course, workshop, atau kegiatan daring lainnya.

6. Menulis

Bagi kamu yang gemar menulis, inilah saatnya menuangkan ide-ide kreatif anda. Kamu bisa mengunggah karya kamu ke blog.

Cerita-cerita yang kamu tulis mungkin akan disukai banyak orang atau bahkan bisa diterbitkan atau  menulis artikel dan mengirimkannya ke berbagai media online. Beberapa media online ada yang memberikan honor untuk setiap tulisan kamu yang berhasil terbit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: