Tips Membuat CV ATS Friendly, Dijamin Cepat Dilirik HRD!

Tips Membuat CV ATS Friendly, Dijamin Cepat Dilirik HRD!

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pencari kerja perlu membuat curriculum vitae (CV) applicant tracking system (ATS) supaya lamaran mereka cepat dilihat HRD.

Pasalnya, tidak sedikit HRD yang melakukan rekrutmen karyawan menggunakan software bernama ATS untuk memindai CV yang diterima.

Pengertian CV ATS Friendly

Applicant Tracking System atau yang biasa disingkat ATS adalah sistem yang digunakan HRD untuk melakukan traksi CV. Sistem inilah yang sedang banyak dibahas belakangan ini karena mempermudah pekerjaan HRD untuk melakukan seleksi CV yang masuk.

BACA JUGA:Wawancara Eksklusif Try Sutrisno Jelang Hari Lahir Pancasila: Tantangan, Pandangan hingga Eksistensi BPIP

Menggunakan sistem komputer tentu saja harus memenuhi standar yang ditetapkan. Maka dari itu, pembahasan tentang CV ramah ATS sangat penting, terlebih untuk jobseeker yang menarget perusahaan-perusahaan besar.

CV ATS friendly akan memberikan kamu kepastian untuk lolos skrining pada seleksi administrasi. Namun, tentu saja kamu juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran di posisi yang kamu tuju. Sebab, dalam sistem juga menyimpan data-data syarat untuk melakukan seleksi CV tersebut.

Berikut tips membuat CV ATS Friendly:

1. Kenali Posisi yang Dilamar

Sebelum menulis CV, langkah awal yang perlu dilakukan adalah melakukan riset tentang posisi pekerjaan yang ingin dilamar. Hal ini meliputi mempelajari dengan cermat kualifikasi dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

Dengan melakukan riset ini, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai apa yang sebaiknya disertakan dalam CV kamu. Ini akan membantu kamu untuk menyesuaikan konten CV kamu dengan kebutuhan dan harapan perusahaan, sehingga meningkatkan kesempatan Anda untuk diterima dalam proses seleksi.

BACA JUGA:Hasil Singapore Open 2024: Bagas/Fikri Ikuti Jejak Gregoria Lolos ke 16 Besar

2. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan

Poin utama dari menggunakan CV ATS Friendly adalah kata kunci (keywords). Sistem ATS menyaring informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Sehingga tulislah kata kunci yang sesuai dengan posisi yang dilamar agar poin yang didapatkan juga semakin tinggi. Kamu dapat menuliskannya secara jelas, misalnya Google Analytics atau Search Engine Optimization/SEO. Jika kamu menemukan lowongan pekerjaan di job portal, dapat tuliskan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaannya.

3. Sertakan informasi yang relevan dalam CV

Agar CV dapat dikenali oleh sistem ATS, pastikan hanya mencantumkan informasi yang penting dan sesuai dengan kriteria, serta posisi yang sedang dilamar. Hindari menambahkan informasi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Selain itu, periksa dengan teliti agar tidak terdapat typo yang dapat mencegah sistem ATS membaca informasi pada CV kamu.  

4. Gunakan Template CV yang Mudah Dipahami

Elemen-elemen desain yang terlalu rumit dapat membingungkan sistem ATS dan mengakibatkan CV ditempatkan pada kategori yang tidak sesuai. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat CV yang efisien dengan menyajikan informasi dalam bentuk teks daripada menggunakan gambar, bagan, atau simbol yang terlalu kompleks.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini 29 Mei 2024, Pagi hingga Dini Hari Cerah dan Berawan

5.Satu posisi, satu perusahaan

Kamu yang ingin melamar pekerjaan menggunakan CV ATS Friendly, masukkan satu posisi untuk satu perusahaan. Jangan memasukkan banyak CV dengan posisi yang berbeda-beda di satu tempat. Walaupun kemungkinan semuanya lolos dibaca sistem, CV kamu akan dibaca oleh HRD atau rekruter. Sehingga mereka dapat melihat posisi apa saja yang kamu lamar dan membuatmu terlihat tidak fokus untuk satu posisi.

6. Menyesuaikan CV dengan Perusahaan

Jangan gunakan CV yang sama persis untuk setiap lamaran pekerjaan yang berbeda. Sebaliknya, siapkanlah CV secara khusus untuk masing-masing perusahaan yang kamu lamar dengan menyesuaikan kata kunci dengan kebutuhan perusahaan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: