5 Fakta dan Mitos tentang Menstruasi yang Wajib Dipahami Para Wanita

5 Fakta dan Mitos tentang Menstruasi yang Wajib Dipahami Para Wanita

--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Menstruasi atau periode haid adalah waktu ketika tubuh kamu melepaskan jaringan yang tidak lagi dibutuhkan. Jaringan yang dimaksud ini berasal dari rahim, dimana tempat bayi dapat berkembang di dalam tubuh wanita.

Rahim akan berproses dan menebal setiap bulan. Jika berhasil dibuahi, maka lapisan rahim akan semakin tebal untuk mempersiapkan sel telur. Sebaliknya, jika tidak dibuahi, lapisan itu dilepaskan dari tubuh dalam bentuk darah, melalui vagina yang disebut haid atau menstruasi. 

Siklus menstruasi merupakan proses normal yang terjadi pada setiap wanita, mulai dari pubertas hingga menopause. Siklus ini biasanya terjadi sekitar 28 hari, tetapi dapat bervariasi pada beberapa wanita karena berbagai faktor penyebab.

Meskipun menstruasi adalah sebuah proses biologis yang normal dan penting, namun masih banyak kesalahpahaman, kebingungan, dan mitos seputar haid. 

Berikut fakta dan mitos menstruasi:

1. Mitos: Tidak Boleh Keramas saat Sedang Haid

Mitos seputar menstruasi yang kerap dipercaya oleh sebagian orang awam adalah tidak boleh keramas saat sedang haid karena hal tersebut bisa menghambat aliran darah sehingga berbahaya untuk kesehatan. Perlu diluruskan, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa keramas saat sedang haid dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Alih-alih berbahaya bagi kesehatan, keramas dengan air hangat justru dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta membantu meringankan sakit kepala yang sering dialami oleh wanita selama periode menstruasi. Sakit kepala ini kerap terjadi karena penurunan kadar hormon estrogen serta pelepasan hormon prostaglandin selama beberapa hari pertama periode haid.

BACA JUGA:Viral dan Undang Kontroversi! Park Seo Joon Pacaran dengan Lauren Tsai, Hoax!

2. Mitos: Wanita yang sedang haid tidak boleh minum air dingin 

Banyak orang yang percaya bahwa ketika seorang wanita sedang haid tidak boleh minum air dingin karena dapat menyebabkan darah haid menjadi membeku dan siklus haid menjadi tidak teratur.

Namun, faktanya dengan mencukupi asupan cairan tubuh baik dengan minum air dingin maupun hangat dapat membantu tubuh dalam meringankan sakit kepala yang umumnya muncul ketika haid, serta membantu dalam menghindari tubuh dari dehidrasi. Jadi, tidak ada kaitan antara minum air dingin dengan siklus ataupun darah saat haid.

3. Minuman Soda Dapat Melancarkan Menstruasi

Menstruasi yang tidak lancar akan membuat kamu kesakitan dan jadi tidak nyaman melakukan kegiatan sehari-hari. Ada sebuah mitos bahwa dengan meminum minuman bersoda, maka menstruasi yang sedang terjadi bisa lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: