5 Langkah Mudah Obati Sariawan Dengan Bahan Alami, Bebas Dari Rasa Perih!

5 Langkah Mudah Obati Sariawan Dengan Bahan Alami, Bebas Dari Rasa Perih!

Ilustrasi sariawan.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Sariawan sering kali membuat penderitanya sulit makan maupun minum. Sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, menurunnya sistem imun kekebalan tubuh, cedera, dan kekurangan nutrisi tertentu. 

Namun, terkadang kondisi ini juga dapat terjadi saat kamu mengalami stress. Sariawan yang ringan umumnya tidak membutuhkan pengobatan khusus, karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. 

Kalaupun menggunakan obat, hal tersebut ditujukan untuk mengurangi gejala atau nyeri akibat sariawan. Jika tidak tahan berlama-lama mengalami sariawan, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Untuk meredakan rasa perih dan mempercepat penyembuhan sariawan, ada beberapa bahan atau obat sariawan alami yang bisa digunakan, diantaranya:

BACA JUGA:

Air Garam

Ternyata air garam dapat meringankan rasa nyeri sekaligus mempercepat penyembuhan sariawan. Sebab, air garam memiliki sifat antiseptik yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Caranya cukup mudah,larutkan satu sendok teh garam dengan 1/2 cangkir air hangat. Aduk sampai tercampur. Kemudian kumur selama 15-30 detik, lalu keluarkan dan dilakukan beberapa jam sesuai kebutuhan.

Teh Chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Untuk mengobati sariawan, Anda dapat merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat. Kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3–4 kali sehari.

Minyak Kelapa

Studi Measuring the antimicrobial activity of lauric acid against various bacteria in human gut microbiota using a new method, yang terbit pada Cell Transplantion membuktikan bahwa minyak kelapa bersifat anti bakteri karena kandungan asam lauratnya. Karena itu, minyak kelapa bisa menjadi obat sariawan yang disebabkan bakteri. Minyak kelapa juga punya sifat anti inflamasi alami sehingga dapat mengurangi nyeri dan kemerahan. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak ini secukupnya ke sariawan dan lakukan beberapa kali sehari sampai sembuh.

Madu 

Madu merupakan alternatif untuk mengobati sariawan yang efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri. Namun, saat memilih madu, pilihlah madu yang tidak dipasteurisasi dan alami, seperti madu Hanuka. Kamu bisa mengoleskan madu pada sariawan sebanyak empat kali sehari.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: