Jangan Cabut Kunci, Begini Cara Mengatasi Rem Blong saat Mengemudi Mobil

Jangan Cabut Kunci, Begini Cara Mengatasi Rem Blong saat Mengemudi Mobil

Ilustrasi ciri rem mobil yang mengalami masalah, jangan sampai diabaikan dan segera lakukan perawatan agar kerja rem mobil kembali optimal--Freepik

"Pake engine break, jadi turunin ke gigi berurutan jangan digas, trus pas gigi 1 lepas kopling injek lagi lepas lagi gitu terus sampai melambat," sahut warganet lain.

"Saat rem blong, harapan kamu cuma ada pada engine break+ kendali steer. Nah, kalo mesin kamu matiin dan cabut kunci yang ada steer kamu kekunci+ engine break ilang. Mobil meluncur kek tanpa bisa dikendaliin," timpal salah satu pengguna media sosial.

BACA JUGA:Tips Tetap Aman Naik Sepeda Motor, Hindari Jari Tangan 'Stand By' di Tuas Rem Depan

Cara Mengatasi Masalah Rem Blong

Memang saat berkendara rem blong membuat pengendara panik, lantaran kondisi ini bisa membuat kemungkinan besar alami kecelakaan lalu lintas.

Ketika menghadapi masalah rem blong pengemudi diharapkan untuk tidak panik terlebih dahulu, dan pahami cara mengatasi rem blong di jalan. Seperti:

1. Menurunkan Gigi Secara Bertahap

Sebagian besar kecelakaan terjadi akibat pengendara dalam kecepatan tinggi. Ketika Anda mengetahui bahwa rem kendaraan mengalami blong, segera turunkan gigi secara bertahap, dari tinggi ke rendah. 

Ada kemungkinan bahwa putaran RPM  (rotasi per menit) akan sangat tinggi ketika Anda menurunkan gigi. Hal tersebut tidak masalah selama Anda menurunkannya secara perlahan Teknik ini biasa disebut sebagai teknik pengereman mesin.

2. Memanfaatkan Rem Tangan

Selagi Anda melakukan pengereman mesin, imbangi juga dengan rem tangan. Rem tangan akan sangat efektif menurunkan kecepatan. 

Ada alasan mengapa rem tangan dilakukan pada langkah kedua. Rem tangan akan sekejap menghentikan ban. Hal ini menyebabkan ban menjadi selip sehingga mobil bisa terbalik. Oleh karena itu, turunkan dulu gigi baru manfaatkan rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan.

3. Jangan Matikan Mesin

Kebanyakan orang panik dan langsung mematikan mesin ketika rem blong. Hal ini membuat Anda sulit untuk mengendalikan laju kendaraan, terutama pada mobil dengan power steering. Sebaliknya, pertahankan mesin untuk tetap menyala. 

Lihat sisi samping kiri atau kanan Anda, lalu menepilah ketika memungkinkan. Apabila Anda berada di sebelah kanan jalan dan tidak memungkinkan untuk menepi ke jalur lambat, tidak masalah bila Anda berhenti di sebelah kanan. Pastikan tanda darurat Anda menyala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: