Mengenal Biodiesel Bahan Bakar Ramah Lingkungan Pengganti Solar, Begini Proses Pembuatannya

Mengenal Biodiesel Bahan Bakar Ramah Lingkungan Pengganti Solar, Begini Proses Pembuatannya

Ilustrasi penggunaan Biodiesel pada kendaraan mesin diesel yang diklaim lebih ramah lingkungan karena terbuat dari minyak nabati dan lemak hewan.--Freepik

Program ini diluncurkan pada tahun 2016 dan bertujuan untuk meningkatkan penggunaan biodiesel dalam transportasi dan mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar diesel.

Indonesia memiliki sejumlah produsen biodiesel yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan permintaan. Namun, produksi biodiesel di Indonesia masih didominasi oleh industri kecil dan menengah.

BACA JUGA:

Meskipun pemerintah Indonesia telah meluncurkan program biodiesel nasional, masih ada tantangan dan kendala yang perlu diatasi. 

Seperti ketersediaan bahan baku yang tidak terbarukan dan masalah sosial dan lingkungan terkait dengan produksi minyak kelapa sawit.

Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan biodiesel dari bahan baku alternatif seperti jarak pagar, jatropha, dan limbah lemak hewan. 

Selain itu, penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh industri biodiesel di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: