Tips Membuat Kopi Enak di Rumah, Cita Rasa Bagai Coffeeshop Ternama

Tips Membuat Kopi Enak di Rumah, Cita Rasa Bagai Coffeeshop Ternama

Kopi, salah satu minuman lezat sejak jaman dahulu dan cara membuatnya juga bisa ditiru di rumah untuk membuat kopi lezat ala coffeshop--

Namun, tidak baik jika harus membeli kopi di café setiap hari. 

Sebagai alternatif yang lebih murah, kamu bisa membuat kopi favoritmu di rumah dengan cara yang sederhana namun memiliki cita rasa yang seenak di kafe.

 

Berikut ini cara membuat sendiri kopi yang enak di rumah:

1. Gilingan Kopi

Setiap butir kopi akan disentuh oleh air seduhan. Semakin halus gilingan biji kopi semakin maksimal pula air bisa menyerap ke tiap butirnya. Ini jadi salah satu resep kopi enak. Jadi, kalau kamu mau seduh kopi sendiri di rumah pastikan kopi sudah digiling menggunakan alat sesuai jenis kopinya.

2. Takaran Kopi dan Air

Meracik adalah hal yang rumit. Terlepas apa pun yang diracik, itu entah bumbu atau bahkan kopi. Yes, menyeduh minuman pahit ini tidak sebatas campur air dan kopi, tapi perlu takaran yang pas dari setiap komponennya.

BACA JUGA:Viral Es Kopi Topping Daun Bawang, Begini Cara Membuatnya

3. Suhu Air

Jangan asal panas, suhu air buat nyeduh kopi enak harus diperhitungkan dengan matang. Suhu ekstraksi kopi yang pas ada di angka 90-95 derajat celcius atau 194-260 derajat fahrenheit. Jika kamu menyeduh kopi secara manual tanpa mesin, pakailah termometer untuk mengukur suhunya.

4. Durasi

Sebenarnya proses ini sudah diatur tergantung mesin kopi yang digunakan. Tapi kamu perlu tahu, semakin cepat durasi membuat kopi, semakin cepat juga waktu ekstraksi kopinya.

5. Adukan Kopi

Kopi akan mengeluarkan senyawa rasa maksimal jika dia diaduk selama proses menyeduh. Kalau kamu menyeduh kopi pakai metode french press, wajib banget mencoba trik ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: