Ridwan Kamil, Sosok yang Masuk Dalam Daftar Nama Kandidat Menteri Era Prabowo-Gibran 2024-2029

Ridwan Kamil, Sosok yang Masuk Dalam Daftar Nama Kandidat Menteri Era Prabowo-Gibran 2024-2029

SOsok Ridwan Kamil (RK) dikadang masuk daftar nama calon menteri atau Kada Era Prabowo --

BRT line yang merupakan kombinasi dari bus listrik, kereta ringan atau Light Rapid Transit serta kereta gantung (cable car) akan dimulai tahun 2023.

 

Selain transportasi di Cekungan Bandung, RK bersama Gubernur DKI Jakarta sepakat membangun MRT di Kota Bekasi, Jawa Barat, yang ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Gubernur Jawa Barat dengan Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan Plt. Wali Kota Bekasi di Gedung Sate, Kota Bandung pada 17 Februari 2023.

 

2. Rencana pemekaran wilayah

Dengan jumlah penduduk terbanyak dibanding provinsi lain di Indonesia, 46,092,205 penduduk, Ridwan kamil menyampaikan bahwa Jawa Barat mengalami ketimpangan wilayah kota/kabupaten yaitu hanya ada 27, dibandingkan misalnya dengan Jawa Tengah dengan populasi 36,896,752 penduduk memiliki 35 Kota/Kabupaten.

Semenjak resmi bertugas, Ridwan mengusulkan pemekaran wilayah Jawa Barat agar kucuran uang dari pemerintah pusat menjadi lebih proporsional dengan jumlah penduduknya. 

Beliau memberikan implikasi paling mudah yang ditemui dilapangan adalah lamanya proses pengurusan KTP, pelayanan administratif, dan infrastruktur di kota/kabupaten yang terlalu luas.

 

Total sampai 2023, tercatat sudah ada 8 DOB (Daerah Otonomi Baru) yang diusulkannya pada rapat paripurna dan sedang diusulkan ke Pemerintah Pusat, yakni: Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara. 

Rencana Ridwan ini masih terhambat oleh moratorium yang dilakukan pemerintah pusat.

 

3. Penanganan COVID-19

Dalam rangka penanganan COVID-19, Ridwan mengalihkan Rp 140 miliar dari anggaran pembangunan demi menanggulangi pandemi ini di provinsinya.

Bersama 1.620 warga, Ridwan mengikuti uji coba tahap ke-3 vaksin Sinovac buatan China untuk meyakinkan masyarakat akan vaksin tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: