Ridwan Kamil, Sosok yang Masuk Dalam Daftar Nama Kandidat Menteri Era Prabowo-Gibran 2024-2029

Ridwan Kamil, Sosok yang Masuk Dalam Daftar Nama Kandidat Menteri Era Prabowo-Gibran 2024-2029

SOsok Ridwan Kamil (RK) dikadang masuk daftar nama calon menteri atau Kada Era Prabowo --

Sebagai Wali Kota Bandung, salah satu program kerjanya adalah membuat Bandung Command Center, yaitu pusat kendali Kota Bandung. 

 

Untuk mengatasi kemacetan di Jalan Cihampelas, Ridwan Kamil meresmikan jembatan pejalan kaki dari Cihampelas ke Tamansari pada tanggal 4 Februari 2017 yang dinamai Teras Cihampelas. 

Teras ini dibangun dengan anggaran Rp 45 miliar. Teras yang memiliki panjang 450 meter ini mampu menampung 180 pedagang.

BACA JUGA:Dikenal Memiliki Kedekatan yang Kental, Prabowo Pilih Sjafrie Sjamsoedin Jadi Menteri Pertahanan

2. Gubernur Jawa Barat

Selama masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan mengaku telah meraih 345 penghargaan dari tingkat nasional maupun Internasional dalam kurun waktu 2018 hingga 2021.

Namun demikian masa kepemimpinannya juga dikenal kontroversial, seperti kebijakannya dalam pembangunan kolam renang di rumah dinasnya yang memakan dana Rp 1,5 miliar; pembentukan Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) yang diindikasikan sebagai bentuk bagi-bagi jabatan dengan dugaan nepotisme di mana dia menunjuk adiknya yakni Elpi Nazmuzzaman sebagai salah satu anggota; dan pembangunan Masjid Al-Jabbar yang memakan biaya dari APBD hingga triliunan rupiah.

 

Sepak Terjang Manajemen Pemerintah Kota oleh Ridwan Kamil

 

1. Kemacetan dan Transportasi Publik

Transportasi publik yang aman dan nyaman serta masalah kemacetan menjadi kritik penting di kepemimpinan Ridwan Kamil di Jawa Barat, terutama di kawasan Kota Bandung yang merupakan Ibu Kota Provinsi. 

Meskipun masalah wilayah transportasi publik terkait perbaikan transportasi publik di Jawa Barat lebih tepatnya diarahkan ke wali kota atau bupati, namun RK melakukan progres pada pembentukan payung hukum untuk Badan Pengelola Cekungan Bandung (Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang) untuk selanjutnya bisa membedah anggaran. 

Di kepemimpinan RK, salah satu bentuk realisasi dari kebijakan pembenahan transportasi publik adalah dengan meluncurkan BRT (Bus Rapid Transit) di Kota Bandung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: