Lancar dan Tenang Jalani Ibadah: Tips Cegah Mabuk Udara Ketika Pergi Ibadah Haji

Lancar dan Tenang Jalani Ibadah: Tips Cegah Mabuk Udara Ketika Pergi Ibadah Haji

Lancar dan Tenang Jalani Ibadah: Tips Cegah Mabuk Udara Saat Pergi Haji-Sumber : FREEPIK-

 

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Menghadapi perjalanan panjang dan berbagai aktivitas yang terkait dengan ibadah haji dapat menjadi sangat menantang. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mencegah mabuk udara yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan selama perjalanan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk lancar dan tenang jalani ibadah haji dengan menghindari mabuk udara

Berikut beberapa tips untuk Jemaah Haji agar terhindar dari mabuk udara:

Sebelum Penerbangan:

  • Cermat dalam memilih makanan: Hindari makanan yang memicu gas lambung seperti pedas, bersantan, asam, durian, kol, dan kacang-kacangan. Ini berlaku beberapa hari sebelum, selama, dan setelah penerbangan.
  • Minum yang tepat: Batasi minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta minuman bersoda. Perbanyak air putih hangat untuk menghindari dehidrasi dan penurunan gula darah.
  • Pilih tempat duduk yang nyaman: Request kursi di dekat jendela atau bagian tengah pesawat yang sejajar sayap. Area ini biasanya lebih minim guncangan dibanding belakang pesawat.
  • Istirahat cukup: Pastikan kondisi tubuh fit dengan tidur yang cukup sebelum keberangkatan.

Selama Penerbangan:

  • Jangan biarkan perut kosong: Makan secukupnya sebelum dan selama penerbangan. Hindari terlalu kenyang yang bisa menambah mual.
  • Aromaterapi: Hirup aroma terapi seperti minyak kayu putih atau minyak angin untuk mengurangi rasa mual.
  • Konsumsi pereda mual alami: Permen jahe atau mint bisa menjadi pilihan untuk menegmbangkan perut.
  • Akupunktur ringan: Tekan titik akupressure di pergelangan tangan yang dipercaya bisa meredakan mual.
  • Distraksi: Lakukan aktivitas ringan yang mendistraksi seperti membaca, mendengarkan musik, atau melihat ke luar jendela (jika kondisi memungkinkan).

BACA JUGA:

 

Obat-obatan:

Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan obat anti mabuk. Namun, perlu diingat bahwa obat memiliki efek samping tertentu sehingga penggunaannya harus sesuai anjuran dokter.

Dengan menerapkan tips di atas, semoga perjalanan ibadah Jemaah Haji berlangsung lancar dan nyaman. Fokus pada kekhusukan ibadah dan bawa semangat untuk menjalankan rukun haji dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: