Ingin Sukses Interview Kerja? Simak Tips Berikut Ini, Dijamin Lolos!

Ingin Sukses Interview Kerja? Simak Tips Berikut Ini, Dijamin Lolos!

Ilustrasi interview kerja.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Interview atau wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui seseorang ketika sedang mencari pekerjaan. Oleh karena itu, momen ini kerap menjadi kondisi yang mendebarkan. 

Pertanyaan interview awal umumnya dilontarkan oleh penanya adalah seputar diri kamu. Meski terdengar sederhana, justru di sini menjadi poin penting untuk bisa merebut atensi HRD atau orang yang melempar pertanyaan interview kepada kamu.

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar kamu karena menjadi aspek penting untuk perusahaan. Jika pertanyaan interview awal ini bisa dilewati dengan baik, besar kemungkinan kamu akan menarik perhatian dari HRD. 

Melatih diri sebelum melaksanakan interview akan membantumu untuk menjawab pertanyaan dengan baik serta menjaga kondisi agar tetap tenang.

BACA JUGA:

Kebanyakan kandidat sering kali merasa tegang ataupun grogi saat berhadapan dengan perekrut. Alhasil, hasil interview pun tidak maksimal.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk berlatih dulu sebelumnya. Pada artikel di bawah ini, merupakan serangakaian tips latihan untuk interview agar kamu lancar dalam menghadapinya nanti. Berikut tipsnya!

1. Tunjukkan Sikap yang Positif

Saat wawancara, tampilkan sikap yang positif dan antusiasme terhadap posisi yang dilamar. Tersenyumlah, berikan kontak mata, dan tunjukkan minat pada topik yang dibahas.

2. Ceritakan Pengalaman dan Prestasi

Gunakan contoh konkret dari pengalaman kerja atau kegiatan lainnya untuk mendemonstrasikan keterampilan dan prestasi yang dimiliki. Ceritakan dengan jelas bagaimana cara berhasil menyelesaikan tugas atau mengatasi tantangan yang dihadapi.

3. Perhatikan Kelemahanmu

Saat latihan interview, kamu pasti menyadari letak kelemahanmu di mana. Hal ini bisa berupa pengucapan kalimat terbata-bata, terlalu cepat, atau bahkan tidak konsentrasi. Nah, dari situ kamu bisa memperbaikinya secara perlahan-lahan. Jika masih merasa kesulitan, kamu bisa minta bantuan kepada orang terdekat untuk mengatasi kelemahanmu.

4. Lakukan Riset Tentang Industri dan Perusahaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: