10 Manfaat Batang Serai untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mampu Atasi Diabetes

10 Manfaat Batang Serai untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mampu Atasi Diabetes

Manfaat serai untuk kesehatan tubuh.-Foto: Pinterest.com-

Manfaat lain dari serai adalah kemampuannya untuk mengontrol tekanan darah. Daun serai mengandung potasium dalam jumlah tinggi yang dapat membantu meningkatkan produksi urin dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Diuretik Alami

Rempah ini terkenal sebagai diuretik alami (membuang kelebihan garam). Sifat diuretik membuat seseorang lebih sering membuang udara kecil dan membersihkan tubuh dari kelebihan natrium dan cairan.

Detoksifikasi

Sifat diuretik serai menjadikannya bermanfaat untuk mendukung proses detoksifikasi tubuh. Diuretik adalah zat yang dapat meningkatkan produksi urin, sehingga membantu mengeluarkan racun dan kelebihan cairan dari dalam tubuh.

Ketika serai dikonsumsi, senyawa di dalamnya akan bekerja di ginjal untuk meningkatkan aliran urin. Peningkatan aliran urin ini membantu membuang racun, seperti asam urat, urea, dan kreatinin, keluar dari tubuh. Selain itu, sifat diuretik serai juga dapat membantu mengurangi retensi cairan, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan masalah kesehatan lainnya.

Mengurangi Peradangan 

Tanaman serai mengandung zat anti-inflamasi yang mampu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Kondisi peradangan yang bersifat kronis dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit-penyakit seperti radang sendi, gangguan kardiovaskular, dan bahkan kanker.

Menguatkan Sistem Saraf

Batang serai mengandung magnesium, fosfor dan folat yang berfungsi menjaga kesehatan saraf. Jika kesehatan saraf terjaga, tubuh akan lebih mudah melakukan aktivitas, mengingat sesuatu serta mengolah informasi.

Meredakan Sakit Kepala 

Penelitian dari Australia menemukan bahwa serai bisa meredakan sakit kepala atau migrain. Dari hasil penelitian ini ditemukan kandungan eugenol dalam serai yang fungsinya mirip aspirin. Eugenol berguna untuk mencegah trombosit darah menggumpal. Kandungan ini bisa melepaskan hormon serotonin yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

Anti Kanker

Manfaat batang serai yang pertama adalah sebagai anti kanker. Batang ini mengandung senyawa citral yang mampu membunuh sel rusak atau sel yang berkembang secara abnormal. Uniknya lagi, senyawa citral akan membiarkan sel sehat tetap hidup tanpa mempengaruhi kinerjanya.

Meringankan Gejala PMS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: