Wajib Tahu, 6 Tips Ini Bisa Jaga 'Work-Life Balance' Agar Hidup Lebih Berkualitas

Wajib Tahu, 6 Tips Ini Bisa Jaga 'Work-Life Balance' Agar Hidup Lebih Berkualitas

Menjaga work-life balance sangat penting, meski susah untuk dilakukan. Hal ini bisa membuat hidup menjadi lebih berkualitas--Freepik

Merencanakan jadwal antara pekerjaan dan kehidupan berbulan-bulan sebelumnya dapat membantu mengurangi stres dan menghindari kecemasan karena merasa harus menjalani kehidupan terbaik setiap hari.

2. Tetapkan aturan dasar

Penting untuk menetapkan kebijakan keseimbangan hidup dan kerja, seperti tidak bekerja di akhir pekan atau mematikan email kerja setelah jam 6 sore.

Meskipun teknologi memudahkan kita untuk terus terhubung, menetapkan batasan membantu mencegah pekerjaan mengganggu kehidupan pribadi Anda.

BACA JUGA:

3. Hindari multitasking

Banyak penelitian menunjukkan bahwa multitasking sebenarnya membuat anda kurang produktif.

Daripada mencoba melakukan banyak hal sekaligus, fokuslah pada satu tugas pada satu waktu. Ini akan meningkatkan efisiensi Anda dan membantu mencegah pekerjaan menyusup ke kehidupan pribadi.

4. Berhenti sejenak

Berhenti bekerja saat sedang lancar dan tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya memudahkan untuk melanjutkan pekerjaan di kemudian hari tanpa harus memulai dari awal lagi.

Trik ini bisa diterapkan dalam berbagai pekerjaan, dari menulis memo hingga proposal klien.

5. Selektif dalam rapat

Rapat yang tidak produktif dapat mengganggu efisiensi kerja dan merusak keseimbangan hidup.

Meminta agenda rapat sebelum menghadiri dapat membantu Anda menghindari rapat yang tidak perlu. Dengan demikian, anda dapat menyisakan waktu untuk hal-hal yang lebih penting.

6. Lakukan audit waktu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: