Waspada! 5 Dampak Negatif Jika Kecanduan Media Sosial, Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Waspada! 5 Dampak Negatif Jika Kecanduan Media Sosial, Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Kecanduan bermain sosial media menunjukan bahwa orang tersebut mengalami sindrom FOMO, hal ini bisa berbahaya pada mental dan kemampuannya bersosialisasi--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sadarkah kalian jika dalam sehari berapa lama Waktu yang kamu gunakan untuk berselancar di social media?

Apabila jawabannya lebih dari 4 jam, tandanya kamu salah satu orang yang terkena sindrom FOMO ( Fear of Missing Out).

FOMO sendiri merupakan sindrom yang memiliki gejala seorang takut tertinggal update informasi yang tersebar di social media.

BACA JUGA:

Melansir dari hasil survey Women's Media Center bahwa ternyata pengguna aktif social media adalah perempuan dengan persentasi 71 persen di seluruh dunia daripada laki-laki.

Menurut hasil penelitiannya, perempuan memiliki rasa kepuasan tersendiri Ketika mampu berinteraksi secara aktif di dunia maya.

Dan ada perasaan Bahagia yang muncul Ketika notifikasi tertuju kepadanya, terutama hal bila notifikasi tersebut merupakan hal yang positif baginya.

Namun sebenarnya kondisi kecanduan bermain social media memiliki dampak buruk, seperti gangguan jam tidur dan hilangnya konsentrasi saat melakukan aktivitas.

Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan tidak akan berdampak baik, begitu juga dengan sindrom.

Berikut ini bahaya kecanduan social media yang bisa berpengaruh pada pengguna:

1. Istirahat Tidak Maksimal

Terlalu asik berselancar di social media bisa mengakibatkan kamu lupa Waktu. Apalagi Waktu malam hari menjelang tidur, hal ini akan membuang Waktu kamu terlalu banyak hingga melewatkan jam tidur. 

Ingatlah, tubuh kamu membutuhkan istirahat yang berkualitas. Batasi waktu penggunaan social media dengan cara memberi penegasan terhadap diri untuk mengakses social media. 

2. Melemahnya Kemampuan Bersosialisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: